' Gubernur Minta Media Massa Menjaga Kondusifitas - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Gubernur Minta Media Massa Menjaga Kondusifitas

Gubernur Minta Media Massa Menjaga Kondusifitas

Written By dodi on Thursday, August 30, 2012 | 8:00 AM

BANDUNG(LJ) - Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengharapkan kondisi Jawa Barat yang aman dan kondusif hendaknya patut dijaga dan terus dipelihara. Gubernur juga mengapresiasi kondisi keamanan dan ketertiban di jabar yang terbilang kondusif. Meski di Jabar memiliki keragaman aneka budaya, bahasa dan agama, masyarakatnya memiliki solidaritas dan toleransi yang cukup kuat.

Berdasarkan kondisi itu, Heryawan menampik isu munculnya kejadian serupa di Sampang Madura, akan terjadi di Jabar. Suasana kondusif di Jabar terjadi berkat kesadaran semua pihak untuk menjaga agar Jabar menjadi kawasan yang aman, damai dan bersahabat. Dia juga meminta media massa untuk membantu dan berpartisipasi agar Jabar tetap dalam kondisi damai, aman dan kondusif.

"Jabar aman kok, secara umum hampir tidak ada hal-hal atau permasalahan yang menyinggung Sara dan yang lainnya. Semua dalam situasi yang kondusif dan masih dalam koridor toleransi. Tolong ya, agar rekan-rekan wartawan mengangkat berita bahwa Jawa Barat dalam kondisi aman, nyaman dan kondusif," ujar Heryawan usai acara halal bihalal dan sarasehan di Kota Bandung.

Heryawan pun mengakui, terwujudnya suasana kondusif itu juga berkat dukungan semua pihak yang secara rutin turun ke tengah masyarakat untuk membantu menuntaskan sejumlah permasalahan. Dia mengakui, ada permasalahan di pojok kawasan Jawa Barat. Mengingat kawasan dan jumlah penduduk Jawa Barat merupakan terbesar di Indonesia sehingga wajar bila ada riak-riak kecil.

Dia juga menerangkan sejauh ini permasalahan tersebut masih dalam koridor yang diperkenankan dan dalam batas toleransi kewajaran. Pada akhirnya penanganannya dapat diselesaikan dengan jalan damai. Jika pun ada masalah, maka hal itu akan segera diselesaikan oleh semua pihak terkait. "Sehingga percikan masalah tidak akan melebar dan meluas kemana-mana," jelasnya.

Ditambahkannya, secara umum masyarakat Jabar yang dihuni oleh 45 juta jiwa ini masih pada posisi aman. Segala gejala yang menjurus ke arah konflik sampai kini masih bisa diredakan sedini mungkin. Hal itu dapat dilakukan berkat berfungsinya jaringan pengamanan dan intelejen. "Bahkan kita juga memiliki jaringan intelejen pengamanan, baik ditingkat kota/kabupaten, agar Jawa Barat semakin aman," ujarnya.

Ketua Komisi Fatwa MUI Jabar Salim Umar mengatakan, wilayah Jabar memang dalam posisi aman dan hampir tidak ada isu SARA ataupun pertikaian soal agama. "Kita imbau kepada masyarakat agar tetap berdamai dan tentram," katanya seraya mengungkapkan di Jabar juga terdapat kaum syiah, namun tidak ada masalah dan tetap dalam kondisi kondusif. "Mudah-mudahan tidak terjadi apa-apa karena pada intinya, kita merupakan sesama umat muslim," kata Salim. FER
.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger