' Gubernur Jabar Ahmad Heryawan Berikan Traktor & Pompa Air - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Gubernur Jabar Ahmad Heryawan Berikan Traktor & Pompa Air

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan Berikan Traktor & Pompa Air

Written By dodi on Wednesday, August 15, 2012 | 8:00 AM

BANDUNG(LJ)-Jawa Barat merupakan daerah agraris pertanian,untuk itu guna meningkatkan hasil olah pertanian para petani diperlukan peralatan yang memadai.
   
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengucurkan bantuan kepada 1.052 Kelompok Tani berupa hibah traktor roda dua dan pompa air.Bantuan tersebut terdiri dari 750 unit traktor roda dua dan 564 unit pompa air, dibagikan secara simbolis kepada 1.052 kelompok tani di 26 kabupaten/kota se Jawa Barat.

Acara penyerahan bantuan tersebut berlangsung di Lapangan Desa Sukahaji, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, kemarin,di
hadiri dalam acara itu bupati Ciamis Engkon Komara dan para Kepala Dinas yang membidangi pertanian dan tanaman pangan se Jawa Barat.

Menurut Heryawan, sudah sepatutnya pemerintah membela para petani. Apalagi 60 persen pendudukan Jawa Barat hidup dari kegiatan di sektor pertanian sehingga jika keberpihakan pemerintah lebih condong ke pertanian, paling tidak sudah menuntaskan permasalahan yang dihadapi 60 persen masyarakat Jawa Barat yang kini mencapai 44 juta jiwa.
   
"Tentu pemerintah juga tidak melupakan sektor lain. Semua kegiatan pembangunan yang menyentuh masyarakat banyak, menjadi fokus kebijakan pemerintah. Mulai dari pendidikan, kesehatan, hingga masalah infrastruktur terus menerus ditingkatkan," ujar dia dalam rilis yang diterima LINGKAR JABAR, Selasa (14/8).

Heryawan menyatakan, dalam kurun waktu 2 tahun ke depan, dirinya bertekad untuk memenuhi semua kebutuhan peralatan pertanian kepada kelompok tani yang kini belum mendapatkan bantuan.
  
Hal itu mengingat Jawa Barat merupakan salah satu lumbung pangan Nasional. Sejumlah prestasi di bidang pertanian pun sering disabet Jawa Barat. Untuk itu Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan terus mengupayakan dukungan dan bantuan kepada petani agar mereka dapat hidup layak dan mampu meningkatkan produksinya.
  
"Saat ini saja kontribusi Jawa Barat terhadap pangan Nasional mencapai 18 persen kebutuhan. Kita harus terus pertahankan bahkan ditingkatkan. Dukungan kita juga agar program Pemerintah surplus beras 10 juta ton dapat diwujudkan," tuturnya.
  
Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat Endang Suhendar menjelaskan, bantuan hibah peralatan prapanen tersebut berasal dari APBD Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2012. Dirinya mengingatkan agar bantuan yang diterima kelompok tani dapat dipergunakan sebaik mungkin dan dirawat. Sehingga keberadaan alat tersebut mampu membantu meningkatkan produksi pangan secara optimal.

"Tujuan dari program bantuan hibah tersebut adalah agar para petani mampu mewujudkan peningkatan produktivitas produk pertanian melalui penggunaan traktor roda dua dan pompa air," terangnya.(FER)

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger