' DPRD Dukung Peningkatan Bandara Husein Sastranegara - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » , » DPRD Dukung Peningkatan Bandara Husein Sastranegara

DPRD Dukung Peningkatan Bandara Husein Sastranegara

Written By dodi on Monday, August 6, 2012 | 8:00 AM

BANDUNG(LJ)- Mengingat fungsi strategis Bandara Husein Sastranegara Bandung sebagai pintu gerbang Jawa Barat, Komisi D DPRD Provinsi Jawa Barat sepakat mendukung perlu adanya penanganan khusus terhadap keberadaan bandara tersebut.
  
"Kami perlu untuk berkoordinasi dengan PT. Angkasa Pura II, TNI AU terkait masalah transportasi udara di Bandara Husein ini, mengingat pada lebaran tahun ini dipredikasi pengguna angkutan udara di Bandara Husein akan mengalami kenaikan 92,8%," Anggota Komisi D yang dipimpin Ketua Komisi, Ir. H.M.Q Iswara saat melakukan rapat kerja dan kunjungan ke PT. Angkasa Pura II Bandara Husein Sastranegara jalan Adulrahman Saleh Kota Bandung, kemarin.
  
Menurut Iswara, dengan peningkatan yang cukup signifikan, perlu dilakukan persiapan-persiapan mengingat kondisi bandara sendiri yang kurang memadai jika dibandingkan dengan jumlah pengguna yang terus meningkat.
  
Dari pemaparan yang disampaikan Kepala Divisi Operasional Bandara Husein Sastranegara, Iskandar Hamid, dikemukakan kapasitas daya tampung penumpang sebesar 712 oenumpang namun pada saat peak hour bisa mencapai 960 sehingga penumpang merasa kurang nyaman karena terbatasnya area.
  
" Saat ini di Bandara Husein untuk penerbangan domestik mencapai 19 penerbangan, internasional 10 penerbangan, melihat jumlah potensi ke depan kami merencanakan penambahan sebanyak 26 penerbangan, " demikian dikatakan Iskandar.
  
Menurut Iskandar pada tahun 2011 ini jumlah penumpang mencapai 948.497 orang, per Juni 2012 ini sudah mencapai 698.640 orang dan diperkirakan akhir tahun 2012 bisa mencapai kurang lebih 1.400.000 orang. Dikatakan pula untuk pergerakan pesawat pada tahun 2011 mencapai 10.305 dan per Juni 2012 sudah mencapai 6.731, dari evaluasi diperkirakan pada tahun 2020  jumlah pemumpang bias mencapai kurang lebih 4,7 juta penumpang sehingga memang diperlukan langkah-langkah khusus untuk mengantisipasi hal tersebut.
  
Sementara itu menanggapi adanya MoU antara PT. Angkasa Pura II dengan TNI AU sebagaimana  yang dikemukakan oleh Iskandar, Iswara menyambut baik kerjasama yang dirintis sejak tahun 2010 dan dimantapkan pada tahun 2011.
  
Menurut Kepala Divisi Operasional Lanud TNI AU Husein Sastranegara, Imam Subekti, ada proses penyerahan kembali lahan dari PT. DI melalui berita acara dan diperkirakan bulan Nopember ini bisa dilanjutkan. Kesemuanya ini dilakukan sebagai upaya mendukung pengembangan Bandara Husein sebagaimana yang didorong juga oleh Pemprov Jawa Barat.
  
Sementara itu, terkait pemberian dana hibah, Iswara mengatakan hal tersebut dimungkinkan sebagaimana yang pernah dilakukan beberapa tahun lalu," Apalagi kalau memang pemberian bantuan ini dilakukan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat," kata Iswara.
  
Terkait dengan pembangunan Bandara Kertajati di Majalengka, Kepala Dinas Perhubungan Dicky Saroni yang juga turut hadir pada pertemuan tersebut mengungkapkan saat ini PT. Angkasa Pura II sudah mulai menyambut pembangunan tersebut, mengingat potensinya yang cukup prospektif. Bahkan menurut Dicky PT. Angkasa Pura I dan II berminat untuk investasi, " Saat ini setelah Bandara Kuala Namu selesai,  Kementerian Perhubungan mulai memberikan perhatian terhadap pembangunan Bandara Kertajati," lanjut Dicky.(FER)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger