' DPRD Didesak Tuntaskan Raperda Perubahan SOTK Satpol PP - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » DPRD Didesak Tuntaskan Raperda Perubahan SOTK Satpol PP

DPRD Didesak Tuntaskan Raperda Perubahan SOTK Satpol PP

Written By dodi on Wednesday, August 1, 2012 | 8:00 AM

KAB.SUBANG (LJ)- Satpol PP Kabupaten Subang mendesak DPRD agar segera merampungkan Raperda tentang Perubahan SOTK (Struktur Organisasi Tata Kerja) Satpol PP menjadi setingkat dinas sehingga penggabungan aparat Linmas (Hansip/Pertahanan Sipil) ke dalam Satpol PP bisa segera dilakukan.

Kepala Satpol PP Kabupaten Subang, Asep Setia Permana, mengemukakan percepatan penggabungan Linmas ke dalam Satpol PP mendesak dilakukan untuk mengawal dan mengamankan pelaksanaan Pilgub Jabar dan Pilkada Subang pada 2013 mendatang.
Namun penggabungan itu tidak bisa dilakukan jika Raperda tentang Perubahan Organisasi Satpol PP itu sendiri belum rampung dan belum ditetapkan oleh DPRD.

“Dalam Raperda itu nantinya ada perubahan tipe organisasi Satpol PP, dari tipe B ke tipe A yakni setingkat eselon II b atau setaraf Dinas/Badan. Nantinya dengan perubahan SOTK itu, kita berharap ada peningkatan kinerja. Wilayah Subang ini
kan sangat luas dengan 30 kecamatan, 253 desa/kelurahan, 1.800-an RW (Rukun Warga—red) dan hampir 6.000-an RT (Rukun Tetangga—red). Dengan adanya perubahan ini, kita harapkan ada pertambahan personel untuk mengatasi luasnya wilayah
jangkauan tugas. Tapi persoalannya, sampai saat ini, Raperda itu belum juga rampung”, papar Asep, kemarin (31/7).

eksistensi aparat Linmas (Perlindungan Masyarakat) atau Hansip (Pertahanan Sipil). Jika sebelumnya mereka itu bernaung di bawah Kantor Kesbang (Kesatuan Bangsa), maka nantinya mereka akan bergabung di bawah Satpol PP. Penggabungan tersebut baru bisa dilakukan jika Raperdanya sudah rampung.

Dikatakan Asep, proses penggabungan aparat Linmas harus dipersiapkan dan ditargetkan beres pada tahun 2012 ini, mengingat mepetnya agenda pelaksanaan Pilgub Jabar dan Pilkada Subang, sementara pelaksanaan kedua hajat politik itu harus dikawal dan diamankan oleh aparat Satpol PP yang didalamnya ada unsur aparat Linmas. Karena itu, pihaknya mendesak DPRD Subang
agar segera merampungkan Raperda perubahan SOTK Satpol PP di tahun ini.

“Raperda Satpol PP ini diharapkan tuntas di tahun 2012 ini, karena kita tidak ada waktu lagi. Penyesuaian SOTK Satpol PP yang didalamnya mencakup penggabungan aparat Linmas ke dalam struktur Satpol PP harus dipersiapkan dari sekarang untuk mengantisipasi pelaksanaan Pilgub Jabar.

Makanya kita harapkan DPRD secepatnya merampungkan Raperda Satpol PP ini,sehingga pada APBD Perubahan mendatang, Linmas sudah bisa bergabung di Satpol PP. Waktu kita mepet, sementara PR kita sangat banyak, kita harus mengamankan sedikitnya 2.700-an TPS (tempat pemungutan suara—red) pada Pilgub mendatang.

Kalau per TPS-nya ada dua orang Linmas, berarti kita harus menyiapkan 5.000-an lebih personel Linmas. Nah, kalau Raperdanya tidak tuntas, kita akan kerepotan memobilisir Linmas-linmas itu, jika mereka belum bergabung dengan kita (Satpol
PP—red)”, pungkasnya. Ade R.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger