' Dongkrak Pengunjung Museum, Disparbud Gencar Promosi - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Dongkrak Pengunjung Museum, Disparbud Gencar Promosi

Dongkrak Pengunjung Museum, Disparbud Gencar Promosi

Written By dodi on Friday, August 31, 2012 | 8:00 AM

BANDUNG(LJ)- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar gencar melakukan promosi Museum Sri Baduga guna meningkatkan jumlah pengunjungnya. Antara lain, dengan melakukan renovasi auditorium dan ruang pameran serta menjadikan areal museum sebagai lokasi pertemuan.

"Contohnya seperti sekarang ini, kita melakukan acara halal bihalal 1433 Hijriah, antara Disparbud Jabar dengan pelaku seni dan budaya di laksanakan di pelataran Museum Sri Baduga, Jalan Peta kota Bandung," jelas Kepala Disparbud Jabar Drs Nunung Sobari, Kamis (30/8).
  
Nunung Sobari mengatakan, acara ini sengaja dilaksanakan di museum, supaya bisa terus terpromosikan museum kepada masyarakat. Karena di museum ini banyak koleksi sejarah kesundaan.
  
Selain itu, tahun ini pun mudah-mudahan renovasi auditorium Museum Sri Baduga bisa selesai. Karena DED-nya (Detail Engineering Design)  sudah siap. Selanjutnya Ruang Pameran juga akan menyusul direnovasi. "Sehingga diharapkan tahun 2013 nanti, Museum Sri Baduga menjadi lebih menarik untuk dikunjungi masyarakat, khususnya masyarakat Jawa Barat," kata Kepala Anjungan Jabar TMII.
 
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan sebelumnya membenarkan bahwa tahun 2012 hingga 2013 di Museum Sri Baduga akan ada renovasi, setiap bulan juga terus diupayakan ada pameran dengan tema-tema tertentu sehingga bisa menambah daya tarik pengunjung, disamping adanya pameran tetap dari koleksi-koleksi sejarahnya.
 
"Yang jelas di samping memamerkan benda-benda koleksi heritage, juga ada acara kegiatan dengan tema tertentu setiap bulannya. Sehingga menarik orang untuk datang ke museum,imbuhnya seraya menambahkan seni dan budaya yang tumbuh di Jawa barat ini tidak ada yang bertentangan dengan akidah agama Islam," jelas gubernur.
 
Gubernur juga menilai seni dan budaya yang tumbuh di desa-desa itu harus dikembangkan sehingga bisa menumbuhkan perekonomian desa, sehingga bisa mengurangi urbanisasi yang kerap menjadi masalah di perkotaan.
 
Sebelumnya tokoh seni dan budaya Jawa Barat, Tato Prajamanggala yang didaulat memberikan sambutan pada acara halal bihalal mengharapkan daya tarik Museum Sri Baduga bisa seperti museum-museum yang ada di Eropa. Selain mempunyai kegiatan yang menarik kondisi gedung dan penataan koleksinya juga baik.
 
"Memang untuk bisa seperti itu dibutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Karenanya saya harap gubernur bisa melipat gandakan anggaran untuk museum," ujarnya.(FER)

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger