' Djajang Nurdjaman, Peramu Strategi Persib Musim 2012-2013 - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Djajang Nurdjaman, Peramu Strategi Persib Musim 2012-2013

Djajang Nurdjaman, Peramu Strategi Persib Musim 2012-2013

Written By dodi on Wednesday, August 15, 2012 | 8:00 AM

BANDUNG - Mantan pemain Persib dan tim nasional di dekade 90-an, Djadjang Nurdjaman, secara resmi ditunjuk manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) sebagai pelatih 'Maung Bandung' untuk kompetisi musim depan. Hal itu sekaligus menepis berbagai spekulasi soal calon pelatih Persib yang berkembang sebelumnya. Bagi direksi PT.PBB, Djajang yang pernah menjadi asisten pelatih di Persib dan Pelita Jaya, dinilai memiliki kemampuan karena sudah menimba pengalaman yang cukup untuk melatih skuad Persib.

"Tadi malam kita putuskan memilih Djadjang. Itu semua keputusan kolektif direksi dan komisaris PT PBB, bukan keputusan saya pribadi," kata Komisaris PT.PBB sekaligus Manajer Persib Umuh Muchtar dalam keterangan persnya, Selasa (14/8). Dijelaskannya, pemilihan Djadjang didasari berbagai pertimbangan. Salah satunya keinginan banyak pihak agar Persib diarsiteki pelatih lokal. "Kita juga mempertimbangkan masukan banyak pihak," ucapnya.

Soal kontrak, sejauh ini sudah ada kesepakatan antara PT PBB dan Djadjang. Kedua pihak tinggal menunggu penandatanganan kontrak secara resmi dalam waktu dekat. Rencananya, setelah Lebaran Djadjang akan meneken kontrak dan mulai efektif menjalankan tugasnya. "Mudah-mudahan Djadjang bisa menjadikan Persib lebih baik," harap Umuh.

Dengan dipilihnya pelatih lokal, komunikasi di tubuh tim diyakini akan lebih baik. Selain itu, Djadjang yang merupakan potensi lokal dipercaya lebih mengenal iklim sepakbola di Jabar, khususnya Bandung. Sebelumnya, selama beberapa musim Djadjang berlabuh di Pelita Jaya Karawang. Di sana ia menjabat asisten pelatih di era beberapa pelatih seperti Misha Radovic dan Rahmad Darmawan. Sebelum ke Pelita Jaya, Djadjang pernah menjadi asisten pelatih di Persib saat 'Maung Bandung' ditukangi Arcan Iurie.

Umuh menyebutkan Djajang akan dikontrak untuk satu musim. Namun jika performa Djadjang dinilai apik di perjalanan kompetisi, bisa saja PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) menawarkan kontrak jangka panjang. "Kalau di pertengahan bagus, nanti kita perpanjang satu musim lagi," ujarnya seraya menilai Djadjang punya kualitas mumpuni sebagai pelatih. Apalagi, ia sudah jadi asisten pelatih selama beberapa tahun di Persib dan Pelita Jaya Karawang. "Djadjang sangat berpengalaman," ucapnya.

Sementara sebelum menandatangani kontrak, PT PBB sudah memberikan uang muka bagi Djadjang sebagai bentuk komitmen kerjasama. Kontrak rencananya akan ditandatangani setelah Lebaran. Umuh mengatakan, sebelum menunjuk Djadjang, sempat ada beberapa nama calon pelatih yang dipertimbangkan seperti Mustika Hadi, Risnandar, Deni Samsudin, Ajat Sudrajat, hingga Rene Albert. "Tapi Jajang kelihatannya lebih cocok dengan pemain dan tim," tandas Umuh.

Ditambahkannya lagi, Persib Bandung juga sudah memutuskan akan mendepak empat pemain asingnya musim lalu. Sehingga total akan ada 8 hingga 10 pemain atau sekitar 30 persen dari skuad musim lalu yang dicoret. "Totalnya sekitar 30 persen yang enggak diperpanjang kontraknya, sisanya kita pertahankan," kata dia. Menurutnya, mereka yang dicoret sudah dipertimbangkan manajemen tim dan pelatih anyar, Djadjang Nurdjaman.

Untuk menggantikannya, Persib berencana mendatangkan beberapa pemain berkualitas lainnya. "Yang jelas pemain yang didatangkan nanti pasti pada setuju, mereka bagus-bagus," ucapnya. Sejauh ini, sambung Umuh, pendekatan terus dilakukan terhadap para pemain bidikan baik lokal maupun asing. "Memang sudah ada beberapa yang deal mau gabung, mudah-mudahan pemain incaran kita yang lain juga bisa gabung," paparnya.

Namun ia ogah merinci siapa saja pemain yang kontraknya tidak akan diperpanjang. Ia hanya menyebut empat pemain asing yang jasanya tak akan dipakai lagi, masing-masing striker Noh Alam Shah, striker Marcio Souza, gelandang Miljan Radovic dan penyerang sayap Robert Mark Gaspar.

Sementara itu, Djajang yang dihubungi wartawan, mengaku sangat senang dipercaya untuk menukangi Persib. "Saya senang dipercaya melatih Persib. Saya besar di klub itu. Banyak kenangan yang tidak bisa dilupakan, bersyukur saya bisa dipilih melatih Persib," katanya. Mengenai komposisi pemain Persib Bandung di musim depan, dia mengaku sudah punya rencana tentang materi pemain dan membahas dengan PT PBB, tetapi tidak menjelaskannya secara rinci. FER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger