' Dede Yusuf, Selangkah Lagi Melenggang ke Pilgub Jabar 2013 - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Dede Yusuf, Selangkah Lagi Melenggang ke Pilgub Jabar 2013

Dede Yusuf, Selangkah Lagi Melenggang ke Pilgub Jabar 2013

Written By dodi on Monday, August 6, 2012 | 8:00 AM

BOGOR - Bakal Calon Gubernur Jabar dari Partai Demokrat, Dede Yusuf Effendi, menegaskan dirinya sudah sangat siap untuk berlaga di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar pada 2013 mendatang. Untuk memuluskan langkahnya itu, Dede pun sudah melakukan banyak kegiatan politik sekaligus menjalin komunikasi dengan salah kandidat cagub dari PDI Perjuangan, Rieke Dyah Pitaloka. Namun begitu, dia masih menunggu rekomendasi dari Pimpinan pusat Partai Demokrat untuk maju sebagai calon Gubernur (cagub). Meski

"Saya telah mendaftarkan diri sebagai bakal calon gubernur Jawa Barat, ada 6 bakal calon yang telah mendaftar ke Partai, dan sedang menunggu rekomendasi. Tapi saya tetap terus bergerak menjalin komunikasi dengan semua pihak," ujar Dede dalam keterangan persnya usai menghadiri sejumlah kegiatan di Jakarta, kemarin. Mengenai siapa yang menjadi pendampingnya bila nanti terpilih menjadi cagub yang diusung oleh partai Demokrat, Dede mengaku ada beberapa nama yang telah dikantongi.

"Adalah beberapa nama. Dengan beberapa nama komunikasi sudah di bangun, tapi keputusan tetap ada di tangan partai," ujarnya. Dia pun tidak menyangkal ada komunikasi antara dirinya dengan anggota DPR dari fraksi PDIP, Rieke Diah Pitaloka, yang biasa disapa Oneng. "Dengan PDIP, kami lakukan penjajakan. Bukan cuma PDIP, ada Golkar, Gerindra, namun semua masih bisa berubah, politik kan dinamis," katanya diplomatis.

Majunya Dede sebagai bakal calon gubernur Jabar dikabarkan karena ada keretakan antara dirinya dengan Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan. Menanggapi isu tersebut, Dede yang masih menjabat Wakil Gubernur periode 2008-2013 ini langsung membantahnya. "Kami bekerja seperti biasa, komunikasi dengan baik, tidak ada keretakan. Kami kan harus tetap solid menyelesaikan tugas-tugas di sisa masa jabatan yang tersisa," ujarnya.

Selain Dede, beberapa nama tokoh kuat di Jabar juga telah mendaftar ke DPP Partai Demokrat. Mereka adalah Iwan R Sulandjana (mantan Panglima Kodam Siliwangi yang sekaran menjabat Ketua DPD Partai Demokrat Jabar), Dada Rosada (Walikota Bandung) dan sejumlah politisi Demokrat di DPR RI dan DPRD Provinsi Jabar, H. Daday Hudaya, H. Teddy Suratmadji, Dr. H. Nana R Asmita. Namun diperkirakan banyak pihak, nama Dede dan Dada Rosada menjadi kandidat terkuat yang akan maju ke Pilgub.

Di lain pihak, calon incumbent asal PKS yang masih menjabat Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, belakangan dikabarkan akan menggandeng seorang artis perempuan yang sangat populer di Pilgub, yakni Desy Ratnasari dan Tina Talisa. Ahmad sendiri mengaku tak bermasalah jika calon pendampingnya nanti kembali berasal dari kalangan artis. Namun bukan berarti dirinya menutup pintu untuk kalangan nonartis mendampinginya dalam Pilkada mendatang.

"Artis atau bukan tak masalah. Yang penting kami ikhtiar bersama. Ya kalau memang nanti wakil saya dari kalangan artis lagi, ya bersyukur saja," ucapnya saat menghadiri sebuah acara di Depok, kemarin. Heryawan mengaku hingga saat ini dirinya belum mengantongi siapa bakal calon kandidat yang akan mendampinginya dalam Pemilu Kepala Daerah mendatang.  "Politik itukan tiap jam, tiap waktu bahkan menit bisa berubah. Saya belum bisa sebut siapa orang yang akan mendampingi saya di Pilgub Jabar 2013 nanti. Yang jelas saya pasti maju lagi," kata dia.

Apapun risikonya, lanjut Heryawan, dirinya berjanji akan siap menang maupun kalah dalam Pilkada mendatang. Namun Heryawan mengaku optimis dirinya akan tetap menduduki jabatan sebagai Gubernur Jabar periode selanjutnya. "Insya Allah akan terpilih kembali. Saya lihat masyarakat Jabar sudah semakin cerdas dalam memilih pemimpin di daerahnya masing-masing, apalagi nanti di Pilgub," imbuhnya. CPS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger