' Data Ganda Pemilukada Purwakarta Membengkak - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Data Ganda Pemilukada Purwakarta Membengkak

Data Ganda Pemilukada Purwakarta Membengkak

Written By dodi on Friday, August 3, 2012 | 8:00 AM

KAB.PURWAKARTA (LJ) - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Purwakarta, kembali menemukan data ganda yang tertera dalam daftar penduduk potensial pemilih (DP4) yang diserahkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta beberapa waktu lalu. Dari hasil penyortiran KPUD, jumlah data ganda terus membengkak, hingga 23.000 lebih pemilih.

“Jika melihat hasil penyortiran yang sudah dilakukan, ada kemungkinan data ganda akan terus bertambah saat dilakukan pengecekan dilapangan,” ujar, Deni Ahmad Haidar, Ketua KPUD Kabupaten Purwakarta, kepada LINGKAR JABAR, Kamis (2/8), di kantor KPUD Jalan Flamboyan.

Deni mengatakan, hasil penyortiran pertama KPU terhadap DP4 yang diserahkan Pemkab Purwakarta ditemukan data ganda sebanyak 15.000 pemilih dan 7.000 penduduk yang telah meninggal dunia, namun masih tercantum dalam data. Setelah dilakukan penyortiran kembali, angka data ganda justru semakin bertambah yakni hingga 23.000 pemilih.

"Jika melihat hasil sortir ini, tentunya cukup memprihatinkan, karena masih banyak data ganda yang tertera dalam DP4. Saya juga menyayangkan, meskipun proses pendataan oleh instansi terkait menggunakan perangkat serta sistem yang canggih, tetapi data ganda masih ditemukan dengan jumlah yang tidak sedikit," imbuhnya.

Karenanya KPUD Purwakarta, lanjut dia, pekan ini, akan segera menyerahkan hasil sortiran tersebut, ke PPS dan PPK. Selanjutnya akan dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit), di lapangan untuk mendapatkan akurasi data yang akan di tetapkan dalam daftar pemilih sementara (DPS) Pemilukada Purwakarta 2012.  

Seperti diketahui, dalam DP4 yang diserahkan Pemkab Purwakarta ke KPUD pada 18 Juli 2012 lalu, jumlah calon pemilih di Kabupaten Purwakarta tercatat sebanyak 695,852 pemilih. Namun setelah dilakukan penyortiran, besar kemungkinan angkanya, akan berkurang dari jumlah yang sudah ditetapkan.

Bahkan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) H Agus R Suherlan berkilah, banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya data ganda. Salah satunya yakni perubahan dalam struktur keluarga, seperti terjadinya penambahan anggota keluarga ataupun, berkurangnya jumlah anggota keluarga. YAS


 
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger