' Dada:Bandung Layak Dapat Penghargaan Adiupaya Puritama - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Dada:Bandung Layak Dapat Penghargaan Adiupaya Puritama

Dada:Bandung Layak Dapat Penghargaan Adiupaya Puritama

Written By dodi on Friday, August 10, 2012 | 8:00 AM

BANDUNG(LJ)- Wali Kota Bandung Dada Rosada menjadikan rencana pembangunan 10 titik rumah susun (rusun) di Kota Bandung dalam bidang lingkungan hidup, perumahan dan pemukiman, sebagai andalannya untuk diajukan pada penilaian Adiupaya Puritama,
  
Menurut Dada,kita bersaing dengan Kota Makasar dan Kota Padang. Saat ini perumahan di Kota Bandung, rumah tinggal sebanyak 576.566 unit dengan rincian, rincian rumah permanen 71,4 persen, rumah semipermanen 21,41 persen, dan rumah tidak permanen sekitar 7,19 persen, sedangkan rumah tidak layak huni sekitar 10.338 unit,kata Wali Kota Bandung , Kamis (9/8).
  
Ia memaparkan hal itu didepan tim juri terdiri dari perwakilan Kemenpera, akademisi, dan elemen masyarakat. "Dari jumlah itu, Kota Bandung masih kekurangan rumah tinggal sebanyak 18.843 unit, atau sekitar 3,1 persen," tuturnya seraya mengatakan namun semakin sempitnya lahan pemukiman di Kota Bandung, membuat Pemkot akan membangun rusun di 10 titik, baik rusunami ataupun rusunawa.
  
Sementara ini, dari 10 titik, sudah ada 5 titik yang dibangun, seperti di kawasan Cingised, Industri Dalam, dan Rancacili. Namun, itu masih belum bisa dihuni, lantaran belum bisa dikelola oleh Pemkot Bandung. Dengan alasan belum diserahterimakan dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah.
  
Sementara itu, untuk beberapa kawasan yang nantinya akan dibangun rusun adalah, Balubur dan penataan Jamika yang akan diprioritaskan. Untuk pembangunan Balubur, lanjut Dada, kini tengah melakukan negosiasi dengan Menteri Perumahan Rakyat yang baru."Kerja sama ini dilakukan dengan Menteri yang lama, jadi dengan Menteri yang baru perlu dilakukan lobi lagi," jelas pria calon gubernur Jabar ini.
  
Di bidang peningkatan kualitas lingkungan hidup, Dada mengatakan telah menyelenggarakan car free day, termasuk upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan ruang terbuka. "Di lingkungan masing-masing juga mereka melakukan senam atau kegiatan lain, yang digelar di lapangan," paparnya.Usai pemaparan, Dada mengaku yakin akan meraih juara pertama dalam penghargaan ini.(FER/HER)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger