' Calon Wakil Walikota Cimahi Sudiarto “Gali Potensi Wilayah” - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Calon Wakil Walikota Cimahi Sudiarto “Gali Potensi Wilayah”

Calon Wakil Walikota Cimahi Sudiarto “Gali Potensi Wilayah”

Written By dodi on Thursday, August 2, 2012 | 8:00 AM

CIMAHI,(LJ)- Pembangunan yang berkelanjutan perlu memperhatikan dampak serta aspiratif dengan adat istiadat masyarakat di sekitar lokasi pembangunan. Seluruh stake holders harus saling terpadu untuk berupaya secara maksimal mengembangkan potensi sumberdaya pembangunan yang memperhitungkan keuntungan dan manfaat rakyat banyak.

“Pembangunan perlu direncanakan secara matang dan terpadu dengan memperhatikan segala sudut pandang serta persepsi yang saling mempengaruhi. Para pengambil kebijakan perlu berhati-hati dalam menerapkan hasil kebijakannya, sebelum kebijakan dilaksanakan perlu ada penelitian dan pengkajian yang mendalam terhadap semua aspek yang berkaitan dengan berbagai aspek.

Mulai dari potensi yang dimiliki daerah setempat, adat istiadat kebiasaan hidup masyarakat sekitar kegiatan pembangunan, kepercayaan yang dianutnya,“ kata Calon Wakil Walikota Cimahi, Sudiarto, kepada LINGKAR JABAR, di kediamannya, Cimahi kemarin.

Menurutnya, pembangunan perlu memperhatikan kondisi lingkungan yang ada, dari sisi fisik (tanah, air, udara), biotic (flora, fauna), dan culture (budaya, interaksi antar manusia). Kondisi kualitas lingkungan akan berkecendrungan terus menurun jika tidak diimbangi dengan konsep perencanaan pembangunan yang berkelanjutan.

“Pemenuhan kebutuhan dan aspirasi masyarakat adalah tujuan utama pembangunan. Kebutuhan dasar sebagian besar penduduk di bumi ini seperti pangan, sandang, papan, pekerjaan perlu terpenuhi, disamping mempunyai cita-cita akan kehidupan yang lebih baik. Konsep pembangunan berkelanjutan mengimplikasikan batas bukan absolut akan tetapi batas yang ditentukan oleh teknologi dan organisasi masyarakat serta oleh kemampuan kehidupan bumi menyerap dampak kegiatan manusia, “ katanya.

Pembangunan berkelanjutan, lanjut Sudiarto,yaitu pembangunan yang memenuhi kebutuhan masa kini tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhannya.Menjamin pemerataan dan keadilan social, menghargai keanekaragaman, menggunakan pendekatan integrative dan memiliki perspektif jangka panjang.

“Di dalam pembangunan berkelanjutan terkandung gagasan penting, yaitu kebutuhan esensial untuk memberlanjutkan kehidupan manusia serta gagasan keterbatasan yang bersumber pada kondisi teknologi dan organisasi sosial terhadap kemampuan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan kini dan hari depan,” tandasnya. (FEN)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger