' Bupati Sukabumi Evaluasi Perbup No.33 Tahun 2008 - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » , » Bupati Sukabumi Evaluasi Perbup No.33 Tahun 2008

Bupati Sukabumi Evaluasi Perbup No.33 Tahun 2008

Written By dodi on Tuesday, August 7, 2012 | 8:00 AM

SUKABUMI (LJ) - Bupati Sukabumi  Sukmawijaya, melakukan evaluasi hasil monitoring pelaksanaan Perbup 33 tahun 2008 tentang standar program pengembangan diri bidang pembiasaan ahlak mulia di sekolah dan madrasah yang diikuti oleh seluruh kepala UPTD dan kepala sekolah se-wilayah kabupaten Sukabumi.

"Pendidikan merupakan kebutuhan utama bagi kalangan anak didik dalam rangka pembentukan karakter diri seorang peserta didik agar dikemudian hari mereka mendapatkan manfaat hidup yang berguna untuk dirinya serta bagi seluruh ummat manusia kelak, maka dipandang perlu diluncurkan perbup yang memuat tentang pembiasaan ahlaq mulia,"kata bupati, Senin (6/8).

Lebih lanjut dikatakan, rata-rata keterlaksanaan Perbup nomor 33 tahun 2008 dari setiap jenjang satuan pendidikan adalah 66.40%,  hal ini  berarti masuk dalam kategori cukup terlaksana dengan persentase terendah pada dimensi empat yaitu pembiasaan membaca dan menghafal Alquran."Saat ini disebabkan ketersediaan Alquran di dalam kelas masih minim serta konsistensi guru yang mengajar pelajaran pertama kurang dalam membimbing siswanya membaca Alquran," ujarnya.

Diharapkan, dengan adanya monev Perbup nomor 33 tahun 2008 ini maka faktor penghambat seperti kurang pedulinya orang tua terhadap perkembangan anak-anaknya, sebagian satuan pendidikan tidak mempunyai mesji/mushala yang memadai. Arus globalisasi dengan derasnya informasi, adanya anggapan bahwa ahlaqul peserta didik hanya garapan guru agama serta kurang kompaknya guru-guru dalam menerapkan aturan kedisiplinan di sekolah sehingga aturan hanya dijadikan pajangan dan belum diterapkan secara konsekuen.

Dengan demikian dapat diambil langkah kongkrit melalui forum ini guna menemukan solusi dan pemecahan, sehingga perlaksanaan perbup nomor 33 tahun 2008 dapat dilaksanakan secara maksimal.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Drs. H.Zaenal Muttaqin,M.Si dalam sambutannya mengatakan tujuan monitoring dan evaluasi ini adalah untuk mengetahui sejauh mana dampak dari diberlakukannya Perbup Nomor 33 tahun 2008 tentang standar program pengembangan pembiasaan ahlaq mulia di sekolah dan madrasah terhadap moral dan perilaku anak-anak didik/siswa baik dilingkungan tempat tinggalnya maupun dilingkungan sekolah.

"Denganya adanya evaluasi ini,kita dapat menemukan kendala yang menghambat terlaksananya perbup Nomor 33 tahun 2008 sekaligus mendapatkan solusinya," tuturnya.HEP/ASW



Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger