' Bupati Subang Definitif Dilantik, Janji Perubahan Dilontarkan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Bupati Subang Definitif Dilantik, Janji Perubahan Dilontarkan

Bupati Subang Definitif Dilantik, Janji Perubahan Dilontarkan

Written By dodi on Friday, August 10, 2012 | 8:00 AM

SUBANG - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Subang Ojang Sohandi, Kamis (9/8), resmi dilantik menjadi Bupati Subang oleh Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan. Meski tidak dihadiri oleh Ketua DPRD setempat, acara pelantikan tetap berlangsung dan dilakukan secara sederhana dan hidmat dan berjalan sekitar 45 menit pada agenda paripurna istimewa Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Bupati Subang.

"Atas nama presiden, kami melantik saudara Ojang Sohandi sebagai bupati Subang. Adapun wakil Bupati, karena kurang dari 18 bulan sisa akhir jabatan, sehingga tidak ada wakil bupati," ujar Gubernur Ahmad Heryawan pada sambutannya, Kamis (9/8). Sebelumnya, Ojang adalah Wakil Bupati Subang mendampingi Eep Hidayat. Namun, Ojang menjadi plt bupati karena Eep tersandung kasus korupsi biaya pemungutan pajak bumi dan bangunan (BP PBB).

Ahmad Heryawan pun menyampaikan sejumlah pesan terkait kepemimpinan Subang ke depan di bawah kepemimpinan Ojang Sohandi. Heryawan berpesan kondisi pelayanan publik dan keamaan, ketertiban masyarakat yang sudah berjalan tetap dijalankan dan terus terjaga. "Stabilitas yang sudah terjaga tetap dipertaankan, pelayan publik yang sudah lancar lebih lancar lagi, situasi keamanan, ketertiban masyarakat tetap terjaga. Alhasil semua persoalan masyarakat sosial, kamtibmas, pemerintahan, pelayanan publik berjalan dan lebih baik lagi," kata Heryawan.

Selain kepada Bupati Subang yang baru, Heryawan meminta para pegawai negeri sipil (PNS) lebih meningkatkan loyalitas kepada pemimpin dan negara sehingga loyalitas PNS yang diejawantahkan dalam bentuk menjalankan tugas pokok dan fungsinya secara baik akan terealisasi. "Sebagi pegawai harus loyal kepada negara, kepada pemimpin. Silakan ejawantahkan loyalitas dalam bentuk mengerjakan dan menjalankan tupoksi masing-masing secara profesional dan baik," imbuhnya.

Bupati Subang Ojang Sohandi berjanji akan melakukan reformasi birokrasi dan keuangan di pemerintahan yang dia pimpin saat ini.
"Kita akan lakukan penataan birokrasi dan keuangan. Artinya, jika kinerja pemerintahan itu dianggap menurun, ya kita naikkan," kata Ojang usai pelantikan. Pemahaman reformasi keuangan, terang Ojang, adalah dengan mengupayakan sedapat mungkin melakukan penghematan dan menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) sehingga perbandingan antara belanja langsung dan tidak langsung terjadi perubahan berkisar 40%:60%

Sementara terkait reformasi birokrasi, kata Ojang, bukan dititikberatkan pada aksi rotasi mutasi besar-besaran terhadap bawahannya. "Maksudnya bukan berarti mutasi dan rotasi, tapi dengan melakukan perubahan secara karakter dan budaya di lingkungan kerja," tegasnya. Kendati demikian, mutasi dan rotasi bukan menjadi sesuatu yang haram. Jika dibutuhkan dari hasil evaluasi Baperjakat, rotasi mutasi itu bisa saja dilakukan sesuai kebutuhannya.

"Kalaupun dilakukan bukan karena like or dislike tapi tuntutan dan kebutuhan saja. Tidak juga menggunakan istilah wani piro. Nah yang mendesak sekarang ini kan pengisian camat di Pagaden Barat dan Ciasem, ya kita lakukan secepatnya," terang mantan ajudan Bupati Subang semasa dijabat Eep Hidayat tersebut. ADE
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger