' Bank Jabar Banten Nomor Tiga Tertinggi Salurkan Kredit Mikro di Jabar - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Bank Jabar Banten Nomor Tiga Tertinggi Salurkan Kredit Mikro di Jabar

Bank Jabar Banten Nomor Tiga Tertinggi Salurkan Kredit Mikro di Jabar

Written By dodi on Tuesday, August 7, 2012 | 8:00 AM

BANDUNG – Pamor PT Bank Pembangunan Daerah Jabar-Banten Tbk (BJB) makin mengkilap. Itu karena bank milik Pemprov Jabar dan Banten tersebut menduduki peringkat ketiga dalam realisasi penyaluran kredit mikro di wilayah Jawa Barat. Dari data yang dirilis BJB beberapa waktu lalu, jumlah dana kredit yang disalurkan ke pelaku usaha mikro sampai pada semester I/2012 telah mencapai Rp 3,043 triliun. Angka sebesar itu otomatis mendudukan BJB di posisi nomor tiga setelah BNI dan BRI.

“Data terakhir Bank BJB menempati peringkat ketiga dari realisasi penyaluran kredit mikro di Jabar, setelah BRI dan BNI,”kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cabang Bandung, Lucky Fathul Azis, dalam keterangan persnya, akhir pekan kemarin. Realiasi penyaluran kredit mikro BJB sebelumnya menempati peringkat keempat. Namun pada akhir semester I 2012 sudah berada di peringkat ketiga. “Saya melihat ekspansi kredit mikro Bank BJB cukup agresif dalam dua tahun terakhir, sehingga membuat peringkatnya meningkat. Beberapa produk kredit mikro berdampak positif bagi pertumbuhan kredit,” kata Lucky.

Menurut dia, pasar kredit mikro di Jawa Barat saat ini cukup luas dan masih terbuka lebar bagi perbankan. Seluruh bank yang ada di Jawa Barat membukukan pertumbuhan kredit mikro yang signifikan dan berlomba meraih pasar yang cukup besar. “Pasar kredit mikro masih cukup besar, bank-bank swata terus menggenjot penyaluran kredit mikro. Bila Bank Jabar mengendur bukan mutahil bisa teralip lagi,” kata Lucky.

Sebelumnya, Direktur Utama Bank BJB Bien Subiantoro, mengungkapkan pihaknya terus menggenjot penyaluran kredit bagi pelaku usaha mikro demi mencapai target pada akhir tahun sebesar Rp8 triliun. Target tersebut optimis bakal tercapai karena realisasi hingga triwulan I/2012 telah mencapai Rp 3,043 triliun. "Kami optimis bisa mencapai target penyaluran kredit mikro sebesar Rp8 triliun," papar Bien kepada wartawan.

Dia menjelaskan, realisasi penyaluran kredit triwulan I/2012 tersalur pada produk-produk Kredit Mikro Utama sebesar Rp 1,8 triliun, Kredit Koperasi sebesar Rp 450 miliar, Kredit BPR sebesar Rp 85 miliar, Kredit program sebesar Rp 70 miliar, Kredit Cinta Rakyat (KCR) sebesar Rp 15 miliar dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 1,2 triliun. Rincian tersebut tersalur kepada 47.287 debitur.

"Sebagian besar kredit tersalur pada sektor perdagangan sekitar 70%. Sisanya terbagi kepada berbagai sektor seperti jasa, pertanian, dan lainnya. Khusus KUR kami juga optimis bakal tumbuh baik karena pada 2011 realisasi KUR mencapai Rp1,4 triliun atau melampaui target pemerintah sebesar Rp1,2 triliun," katanya. Meski realisasi penyaluran kredit cukup besar, namun pihaknya tetap menjaga stabilitas kredit macet (NPL). Secara keseluruhan NPL kredit Bjb mencapai 1% sedangkan khusus NPL mikro hanya 3%.

Terkait realisasi KCR yang masih rendah, Bjb saat ini sedang membahas bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat terkait pembuatan aturan. Seperti diketahui, KCR mensyaratkan calon debitur tidak memiliki tunggakan kredit, namun hal tersebut malah makin mempersulit penyaluran. "Nantinya aturan baru akan mempermudah penyaluran KCR. Meski begitu, KCR lebih baik dibandingkan kredit progam pemerintah lain seperti Resi Gudang yang serapannya dibawah 10%," pungkasnya. FER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger