' Balon Anggota Legeslatif Wajib Setor ke DPC Partai Demokrat - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Balon Anggota Legeslatif Wajib Setor ke DPC Partai Demokrat

Balon Anggota Legeslatif Wajib Setor ke DPC Partai Demokrat

Written By dodi on Monday, August 13, 2012 | 8:00 AM

CIANJUR (LJ) - Penjaringan bakal calon (Balon) anggota Legislatif yang dilaksanakan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Cianjur mewajibkan pendaftar menyetorkan dana dengan besaran variatif antara Rp 250 ribu sampai Rp 1 juta.
Penarikan biaya balon ini, sempat menjadi pertentangan di internal partai, mereka menilai, hal ini sangat memalukan, apalagi ketua partai Demokrat Cianjur adalah seorang bupati dan Sekjen partainya adalah ketua dewan. "Mereka itu hanya mengejar uang buat tunjangan hari raya (THR), tapi merusak citra," jelas sejumlah pengurs anak cabang (PAC) Partai Demokrat Cianjur.

Menanggapi hal ini, Ketua Panitia Penjaringan, Asep Rudi Junawar membantah kalau biaya tersebut dikatakan sebagai pungutan, melainkan sebuah bentuk keseriusan para balon legislatif yang mendaftarkan diri dalam penjaringan.

"Ini sifatnya sumbangsih untuk kegiatan pelatihan bagi bakal calon, sebab diantara balon ini ada yang dari eksternal partai, dan mereka belum tahu banyak tentang partai Demokrat, makanya kita akan beri mereka pelatihan," kata Asep Rudi Junawar saat ditemui dikediamannya, Minggu (12/8).

Dia mengakui, kabar biaya pendaftaran pada balon legislatif tersebut adalah untuk tunjangan hari raya (THR), kabar ini sempat rame dibicarakan para kader sendiri maupun dari luar kader. Namun setelah dimusyawarhkan dengan para pengurus PAC, pungutan biaya penjaringan dapat dimaklumi.

"Sebelumnya kita sudah mufakat dengan para pengurus PAC, ada rencana memungut biaya Rp 500 ribu dari internal kader dan Rp 1 juta dari luar kader, tapi ada beberapa pengurus menilai biaya ini kemahalan. Akhirnya, kami sepakat dari Rp 500 ribu turun menjadi Rp 250 ribu, kami juga mempersilahkan. Bahkan kalau diantara yang mendaftar tidak membayar karena tidak mampu, kita juga berikan kesempatan asalkan balon yang bersangkutan memiliki potensi semisal ketokohanya dan dikenal dikalangan luas," papar Asep.

Sebagai Ketua Penjaringan, pihaknya hanya menjalankan amanat partai. Proses penjaringan balon legislatif itu juga sudah dikonsultasikan dengan DPD Demokrat Provinsi Jawa Barat. "Kalau saya hanya melaksanakan SK dari DPC untuk melakukan penjaringan. Yang jelas semuanya nanti akan kami pertanggungjawabkan dan kami laporkan ke DPC untuk apa saja uang penjaringan itu," tegasnya.

Untuk penjaringan bakal calon legislatif DPC Partai Demokrat Kabupaten Cianjur, sudah  membuka sejak 23 Juli 2012 dan akan berakhir pada 13 Agustus 2012. Sampai saat ini sudah 40 orang yang mengambil formulir pendaftaran.  "Masih ada waktu sehari besuk untuk pendaftaran. Setelah itu balon yang mengembalikan formulir dan memenuhi persayaratan minimalnya dalam Undang-Undang Pemilu akan dilakukan pelatihan," jelas Asep. (AGS)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger