' APBD Perubahan Jabar Tahun Ini Naik Rp 654 Miliar - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » APBD Perubahan Jabar Tahun Ini Naik Rp 654 Miliar

APBD Perubahan Jabar Tahun Ini Naik Rp 654 Miliar

Written By dodi on Wednesday, August 8, 2012 | 8:00 AM

BANDUNG – Pendapatan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Jawa Barat tahun anggaran 2012 dipastikan mengalami peningkatan 6,88%. Total pendapatan pada APBD Perubahan 2012 ini tercatat sebesar Rp 14,626 triliun atau naik sebesar Rp 654 miliar dibandingkan APBD Murni pada tahun yang sama. Kenaikan ini ditarget dari sektor pajak kendaraan bermotor, pajak daerah dan BBNKB.

“Salah satu yang naik adalah pendapatan asli daerah (PAD) sebanyak Rp 562 miliar. Sumbernya dari pendapatan, pajak kendaraan, pajak daerah, retribusi daerah, PKB (pajak kendaraan bermotor) Rp 418 miliar, BBNKB (bea balik nama kendaraan bermotor) Rp 66 miliar dan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor Rp19,9 miliar,” papar Asisten Daerah IV Bidang Administrasi Setda Pemprov Jabar Iwa Karniwa di Gedung DPRD Jabar, Kota Bandung, Selasa (7/8).

Iwa menjelaskan, bahwa pos belanja pada APBD-P sebesar Rp18,23 triliun dari sebelumnya yang hanya Rp15,8 triliun. Dari keseluruhan APBD terdapat defisit Rp2,951 triliun yang sudah ditutup oleh sisa lebih perhitungan anggaran (silpa) 2011 yang mencapai Rp3,003 triliun sehingga terjadi keseimbangan anggaran.

“Pos belanja APBD-P yang volumenya Rp2 triliun lebih, seperempatnya untuk anggaran pilgab (pemilihan gabungan) sebesar Rp 563 miliar. Nilai dana pilgab itu membuat seluruh anggaran kebutuhan biaya satu putaran sebesar Rp 1,047 triliun sudah terpenuhi. Belanja lainnya untuk bagi hasil ke kabupaten/kota sebesar Rp 657 miliar,” tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengakui alokasi APBD-P 2012 itu paling mencolok untuk dana pilgab. Sisanya tambahan infrastruktur, ruang kelas baru (RKB), dan infrastruktur desa. "Kan pada APBD Murni 2012, kita sudah alokasikan untuk 4.250 RKB. Sekarang sudah dialokasikan anggaran untuk 1.750 RKB. Kalau anggaran pilgab untuk menuntaskan dana yang sudah disiapkan pada APBD murni sehingga totalnya mencapai Rp 1,047 triliun," tegasnya.

Di lain pihak, Anggota Badan Anggaran DPRD Jabar Azhar Aung menjelaskan, pihaknya meminta penyusunan APBD-P Jawa Barat harus sesuai perundang-undangan dengan memperhatikan prioritas anggaran yang diatur pemerintah pusat. “Misalnya anggaran pendidikan harus 20% dan prioritas yang sudah ditetapkan di Jabar seperti pemenuhan prioritas yang berkenaan dengan infrastruktur, komitmen gubernur yang berkenaan pembangunan infrastruktur desa,” ucap Aung.

Kalau kemudian jumlahnya tidak sinkron dengan jumlah yang disyaratkan undang-undang, lanjut Azhar, sudah diperbaiki dan terutama yang berkenaan dengan anggaran jaminan sosial. Kalau masih ada anggaran berlebih di tempat lain, harus dialokasikan di jaminan sosial tersebut. FER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger