' Abaikan KPSI, Timnas PSSI Jalan Terus ke Piala AFF - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Abaikan KPSI, Timnas PSSI Jalan Terus ke Piala AFF

Abaikan KPSI, Timnas PSSI Jalan Terus ke Piala AFF

Written By dodi on Tuesday, August 7, 2012 | 8:00 AM

BOGOR - Tim nasional ke piala AFF yang dibentuk PSSI terus berjalan tanpa terganggu oleh rencana Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia (KPSI) yang akan membentuk timnas tandingan. Pelatih timnas senior Nil Maizar pun langsung mempersiapkan diri untuk menghadapi Piala AFF pada 24 November-22 Desember. Nil Maizar mengatakan, sejumlah pemain skuad "Garuda" mulai awal pekan ini (Senin, 6/8) langsung menjalani training camp di Jakarta. Dalam Piala AFF 2012 yang digelar diThailand dan Malaysia, Indonesia bergabung di Grup B bersama Malaysia dan Singapura.

Sementara satu tim lagi akan diperebutkan Kamboja, Timor Leste, Myanmar, Brunei Darussalam, dan Laos di babak kualifikasi.
"Beberapa pemain sudah berada di Hotel Santika, mereka akan langsung lakukan TC di lapangan Halim. Rencananya TC tahap pertama ini dilakukan sampai tanggal 15 Agustus mendatang," ujar Nil dalam keterangan persnya, kemarin. Pemusatan pelatihan untuk AFF ini rencananya dibagi dalam tiga tahap. Setelah tanggal 15 Agustus nanti, TC kedua akan dilakukan pada 25 Agustus hingga 30 September dan terakhir pada 7 Oktober hingga menjelang keberangkatan timnas ke Malaysia pada 21 November.

"Untuk partai uji coba, kita belum lagi tentukan lawan siapa, karena masih dikoordinasikan dengan pengurus PSSI. Sementara ini, kita akan lakukan persiapan kondisi fisik pemain dan taktik bermain saja di tahap pertama TC. Soal ada timnas lain yang dibentuk KPSI, saya tidak mau menanggapi. Yang penting saya dan anak-anak yang ada sekarang konsentrasi melakukan latihan," kata Nil yang mengaku telah memetik pelajaran penting dari hasil laga tim asuhannya melawan klub kuat asal Spanyol Valencia pada Sabtu (4/8) lalu.

Seperti ramai diberitakan media massa, KPSI atau PSSI hasil KLB Ancol akan menyiapkan Tim Nasional untuk mewakili Indonesia ke turnamen Piala AFF, November mendatang. Kepastian pembentukan Timnas tersebut disampaikan langsung oleh La Nyalla Mahmud Mattalitti. "Saya sudah perintahkan kepada saudara Joko Driyono untuk membentuk Timnas untuk menghadapi Piala AFF," ujar La Nyalla kepada wartawan, kemarin.

Apa yang dilakukan oleh La Nyalla ini berkaitan dengan sikap Joint Committee (JC) dari kubu Djohar Arifin yang tak memiliki itikad baik menyelesaikan urusan yang sudah parah di PSSI. Mantan anggota Exco PSSI tersebut mengaku menyesal, dirinya dulu ikut menandatangani MoU pada 7 Juni lalu. Dirinya menyesal karena apa yang dikhawatirkannya ternyata terbukti. "Sampai saat ini tidak ada JC dari kubu PSSI beritikad untuk menyelesaikan urusan-urusan yang sudah parah di PSSI. Kami harus melakukan tindakan nyata," tegasnya.

La Nyala pun yakin, apa yang dilakukannya tak akan melanggar apapun. FIFA juga tak akan memberikan sanksi. "Kita tidak usah takut di-suspend. Kita tidak perlu lagi takut melanggar ini dan itu. Insya Allah kita (PSSI-KLB) akan dilegitimasi oleh FIFA," tandas pentolan di sepakbola nasional yang dikenal memiliki hubungan dekat dengan Nirwan D Bakrie, pengusaha adik Aburizal Bakrie yang juga pemilik Klub Pelita Jaya.

Sementara itu, para pemain dari klub Indonesian Super League (ISL) bergabung dengan timnas bukan cuma untuk ujicoba lawan Valencia saja. Bambang Pamungkas dkk. berjanji akan terus membela 'Merah Putih' sampai Piala AFF. Selain Bambang, pemain asal klub-klub ISL yang bermain di timnas PSSI adalah Firman Utina, Ponaryo Astaman, M.Ridwan, dan Ahmad Bustomi. Selain itu, ada tiga pemain lain yang lebih dulu bergabung, yakni Titus Bonai, Patrich Wanggai, dan Oktovianus Maniani.

Bepe menegaskan kehadiran dia dan para pemain ISL lain bukan cuma demi laga ujicoba itu. Menurutnya, tujuan utama adalah tetap tampil di Piala AFF, November-Desember mendatang. "Tadi sebelum kick-off saya sudah bilang ke teman-teman bahwa target kita bukan Valencia. Sejak kemarin saya menegaskan kita datang ke sini untuk AFF. Saya bilang ke mereka coba lakukan yang terbaik dan coba menikmati pertandingan karena apa pun hasilnya, kita sama-sama menanggungnya. Jadi, kalau ditanya komitmen kita, target kita adalah AFF," tegas pemain senior yang di

"Kita masih punya waktu tiga bulan untuk memperbaiki diri, untuk mengombinasikan apa yang terbaik buat tim. Saya pikir pelatih tahu apa yang terbaik buat tim ini. Jadi, besok kami akan pindah hotel dan ikut latihan sampai tanggal 15 Agustus. Kalau setelah lebaran dipanggil lagi, maka kami akan datang. Komitmen kami tetap, kami datang untuk Piala AFF," tandas penyerang Persija Jakarta ini. COK
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger