' Abah Tohir, Penjaga Stabilitas Skuad Persib - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Abah Tohir, Penjaga Stabilitas Skuad Persib

Abah Tohir, Penjaga Stabilitas Skuad Persib

Written By dodi on Wednesday, August 1, 2012 | 8:00 AM

BANDUNG - Pelatih gaek yang pernah menukangi Persib Bandung semasa menjadi juara kompetisi Perserikatan PSSI 1993/1994 dan juara Liga Dunhill 1994/1995, Indra Thohir, tetap menjabat Penasihat Teknik skuad "Maung Bandung" pada kompetisi musim depan. Tak cuma itu, manajemen Persib pun mempercayakan Indra 'Abah' Tohir untuk merangkap jabatan Asisten Manajer Tim mendampingi Manajer Umuh Muhtar dan pelatih baru yang masih belum ditentukan.

"Pak Indra tetap dipertahankan pada posisi manajer teknik. Ia akan merangkap sebagai Asisten Manajer," kata Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) sekaligus Manajer tim Persib, Umuh Muhtar di Bandung, Selasa (31/7). Dipertahankannya Indra Thohir tidak lepas dari pelajaran berharga Persib yang kembali `terpuruk` pasca pergantian pelatih di akhir putaran pertama kompetisi lalu.
Kehadiran Indra menyelamatkan Persib dari serangkaian kekalahan di awal putaran kedua dan kemudian membawa tim itu stabil di papan tengah.

Indra memang beberapa kali menjadi penyelamat` Persib dari kegagalan dalam kompetisi yang sedang berjalan. Reputasinya pun kian diperhitungkan sebagai sosok bertangan dingin. "Pak Indra akan kembali mendampingi tim. Kehadirannya sangat dibutuhkan pemain dan ofisial untuk memompa semangat dan memberikan masukan teknis kepada pelatih," tandas Umuh yang disambut anggukan kepala dari Indra Tohir.

Untuk posisi pelatih kepala, "Maung Bandung" masih belum menentukan pilihan. Terakhir nama Rene Albert disebut bakal membesut Persib musim depan. Belakangan, kabar itu mendingin. Beredar kabar, manajemen Persib akan merekrut pelatih setelah Lebaran mendatang. Selain itu, Persib juga akan mengikat talenta mudanya dengan kontrak jangka panjang agar tidak direbut atau hengkang ke klub lain.

Dalam kesempatan itu, Umuh Muchtar berjanji pelatih Persib musim depan tidak hanya diberi keleluasaan memilih pemain, namun juga asisten pelatihnya. Hal itu, katanya, dilakukan demi mendongkrak prestasi tim musim depan. Seperti diketahui, Maman Abdurahman dan kawan-kawan hanya mampu finis di urutan 8 klasemen akhir ISL musim lalu. "Kita juga persilakan pelatih menentukan sendiri asistennya. Kalau kata dia kurang, kita siap menambah asisten pelatih. Dia juga nanti kita persilakan untuk membawa sendiri asistennya, asal cocok dengan keinginannya," kata Umuh.

Dia pun berharap dengan keluasaan seperti itu, kinerja pelatih bisa semakin maksimal untuk memberikan yang terbaik bagi Maung Bandung di musim depan. "Kita berharap kerjanya bisa maksimal. Jadi kita kasih kebebasan. Mudah-mudahan bisa memberikan yang terbaik bagi tim musim depan, dan kami juga memastikan tidak akan ada lagi pergantian pelatih di tengah jalan yang bisa merusak irama dan stabilitas tim," ujarnya.

Umuh menambahkan, Persib saat ini sudah kebanjiran lamaran dari para pemain untuk kompetisi musim depan, namun ia mengaku belum mau mengambil tindakan agresif. Ini disebabkan karena keinginannya untuk lebih berhati-hati. "Terus terang saya kebanjiran pemain top, namun tetap saja saya belum menentukan siapa-siapanya," katanya.

Menurutnya, soal perekrutan pemain, Umuh akan menyerahkan sepenuhnya kepada pelatih yang akan menukangi skuad Persib di musim depan. Sehingga keputusan yang diambil, adalah keputusan yang terbaik untuk tim. "Biar pelatih yang menentukan. Karena apa, pemain yang menurut saya dinilai bagus belum tentu bagus di mata pelatih. Nah untuk menghindari semacam itu, kita juga menginginkan keputusan yang baik kan?" imbuhnya. FER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger