' 3 Pelaku Penggondolan ATM BRI Ditangkap di Karawang - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » 3 Pelaku Penggondolan ATM BRI Ditangkap di Karawang

3 Pelaku Penggondolan ATM BRI Ditangkap di Karawang

Written By dodi on Tuesday, August 7, 2012 | 8:00 AM

KAB.BOGOR(LJ)- Kawanan pencuri yang berhasil menggondol mesin anjungan tunai mandiri (ATM) Bank BRI samping swalayan di Jalan Sukahati, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, pada Sabtu pekan lalu, berhasil dibekuk tim reaksi cepat Sat reskrim Polres Bogor di wilayah Karawang, Minggu dinihari. Akibat aksi kejahatan tersebut, petugas belum berhasil mengetahui kerugian yang dialami pihak perbankan.

Kasus pencurian tersebut, berhasil diungkap petugas setelah mendalami informasi dan mempelajari rekaman digital melalui kamera pengawas atau CCTV.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, para pelaku berhasil ditangkap setelah polisi menyelidiki rekaman CCTV yang dipasang di sekitar lokasi kejadian. Dari rekaman tersebut, petugas mendapatkan petunjuk identitas para pelaku dan langsung melakukan pengejaran ke Karawang.

Pegawai Alfamart ketika diwawancarai mengatakan kasus pembobolan diketahui sekitar pukul 06.00 pagi, yaitu saat Alfamart akan beroperasi. "Sekitar pukul 06.00 saat kami mau persiapan buka toko, disini  banyak warga yang berkerumun. Ternyata ATM BRI dibobol. Mesin sama tempat brankas uangnya dibawa kabur," ujar Koko (27) pegawai Alfamart yang lokasinya di sebelah ATM BRI.
      
Di lokasi kejadian, siang petugas kepolisian sudah membuka garis polisi. Sementara di bagian dalam ATM terlihat hanya tinggal papan penyangga mesin ATM sementara kamera pengawas atau CCTV ditutupi pelaku dengan lakban.

Sedangkan rooling door ATM terlihat bekas congkelan paksa. Diduga pelaku masuk dengan cara mencongkel pintu.      
Beberapa petugas dari BRI yang mengaku datang dari Kantor Wilayah II BRI yang sempat melihat-lihat lokasi dan mengambil gambar.

Sementara itu, Kepala Cabang Bank Rakyat Indonesia Cibinong, Helmi Nasser berkilah bahwa mesin ATM BRI yang dicuri sudah ditempatkan sesuai dengan standar keamanan. "Kami sudah menempatkan mesin dengan standar keamanan, mulai ditempatkan kamera pengintai, posisi mesin ditanam di dalam pondasi bangunan," katanya.

Helmi sendiri mengatakan bahwa akan mengevaluasi keberadaan pengamanan, khususnya penempatan petugas keamanan untuk menjaga ATM, "Selanjutnya kami akan melakukan evaluasi untuk menyediakan personil pengamanan (satpam) untuk masing-masing ATM," tambahnya.

BRI sendiri belum mengetahui berapa nominal kerugian atau jumlah uang yang berada di ATM pecahan Rp 100 ribu tersebut, "Untuk hal kami belum mengetahui, karena ada pihak ke-3 yang mengurus," tutupnya. (WIN)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger