' 1.325 Aparat Gabungan Amankan Lebaran Idul Fitri 1433 Hijriah - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » 1.325 Aparat Gabungan Amankan Lebaran Idul Fitri 1433 Hijriah

1.325 Aparat Gabungan Amankan Lebaran Idul Fitri 1433 Hijriah

Written By dodi on Monday, August 13, 2012 | 8:00 AM

CIANJUR (LJ) Dalam rangka Operasi Ketupat Lodaya Tahun 2012, sekitar 1.325 aparat gabungan dari TNI/Polri dan berbagai elemen masyarakat mengikuti gelar pasukan yang dilaksanakan di halaman Mapolres Cianjur Jl. KH. Abdulah bin Nuh, Desa Nagrak, Kecamatan/Kabupaten Cianjur, kemarin.

Pada kesempatan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2012 tersebut, Kapolres Cianjur AKBP H. Agustri Heryanto membacakan amanat dari Kapolri Jendral Pol. Timur Pradopo yang isinya bahwa sesuai hasil analisis data pada lebaran tahun lalu, diperkirakan jumlah masyarakat yang akan melakukan mudik dengan menggunakan angkutan darat sebanyak 5,6 juta jiwa.

Sementara yang menggunakan angkutan sungai, danau dan pelabuhan (ASDP) sebanyak 3,4 juta jiwa, menggunakan angkutan laut 1,5 juta jiwa dan angkutan udara 3,3 juta jiwa. Sedangkan pemudik yang diperkirakan menggunakan jasa kereta api, berdasarkan data dan informasi dari kementerian perhubungan, diasumsikan akan turun cukup signifikan, karena tahun ini telah dilakukan batasan maksimum (load factor) lebih dari 150 %.

"Meningkatnya masyarakat pemudik dalam jumlah yang sangat besar tersebut, telah menimbulkan beberapa permasalahan, salah satunya adalah keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lantas," jelas Kapolri.

Berdasarkan hasil analisa dan evaluasi dari tahun ke tahun, beberapa faktor penyebab terjadinya kemacetan lalu lintas diantaranya adalah peningkatan volume kendaraan yang tidak seimbang dengan kapasitas jalan, penyempitan jalan, perbaikan ruas jalan serta aktivitas pasar tumpah hingga mengambil badan jalan, dan kurang disiplinnya pengguna jalan.

Selain permasalahan lalu lintas, sambutan Kapolri Jendral Timur Pradopo mengatakan, situasi saat menjelang hari raya juga berpotensi meningkatkan gangguan kriminalitas, baik secara kuantitas maupun kualitas, seperti kejahatan jalanan (street crime), pencurian kendaraan bermotor, pencurian dengan kekerasan menggunakan senjata api, pencurian di rumah kosong yang ditinggalkan oleh pemudik serta kejahatan konvensional lainnya yang cukup meresahkan, sehingga perlu mendapat perhatian bersama.

Begitu juga dengan potensi aksi anarkisme dan terorisme yang beberapa waktu lalu selalu mewarnai lembaran kamtibmas di tanah air, masih menjadi ancaman yang perlu mendapatkan atensi kita semua. "Menghadapi dinamika yang seperti itu, tentu menuntut tampilan kinerja polri lebih optimal untuk bersama-sama dengan seluruh komponen masyarakat dan instansi terkait lainnya, merumuskan langkah–langkah inovatif dan cara bertindak yang efektif guna mengatasi berbagai potensi kerawanan yang terjadi," kata Kapolri dalam sambutanya. (AGS)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger