' 13 Pospam Disiapkan di Jalur Mudik - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » 13 Pospam Disiapkan di Jalur Mudik

13 Pospam Disiapkan di Jalur Mudik

Written By dodi on Wednesday, August 8, 2012 | 8:00 AM

KOTA BEKASI (LJ) – Menghadapi arus mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri, Polres Bekasi Kota membuat posko disejumlah jalan protokol yang biasa dilalui para pemudik. Diantaranya di Jalan KH Noer Ali, Jalan Ahmad Yani, Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Hasibuan.

Kapolres Bekasi Kota, Kombes Priyo Widyanto mengatakan, langkah persiapan membuat posko tersebut untuk menjaga keamanan lalulintas di jalan utama di Kota Bekasi. “Sejumlah posko dibangun di setiap titik jalur mudik. Posko itu dinamakan Posko Operasional Ketupat yang dijaga 24 jam oleh anggota kepolisian,” kata Priyo Widyanto usai acara buka bersama dengan Anggota DPR RI, Syukur Nababan di Kantor Polres, kemarin.

Priyo menghimbau untuk para pemudik agar tidak menggunakan kendaraan roda dua. “Motor sangat berbahaya untuk resiko kecelakaan lalu lintas. Tahun lalu, data kecelakaan arus mudik lebih banyak terjadi pada kendaraan roda dua,” ungkapnya.

Namun demikian, Kapolres Bekasi Kota tersebut memaklumi jika ada sebagian warga masih tetap menggunakan kendaraan roda dua untuk mudik ke kampung halaman. “Saya sarankan untuk berhati-hati, jangan sampai lebih dari 2 orang dan gunakan helm, persiapan jas hujan,” imbuhnya.

Ditambahkan Priyo, pihaknya bakal menyiapkan sebanyak 13 unit Pos Pengamanan guna memantau arus mudik Lebaran 2012 di sejumlah titik di Kota Bekasi. Di dalam Pospam itu, kata dia, nantinya terdiri dari tiga regu yang masing-masing terdapat 10 personel. “Setelah Operasi Patuh Jaya, kami mempersiapkan 13 titik Pospam di seluruh Kota Bekasi, untuk mengantisipasi dan memantau arus mudik,” ujarnya.

Menurutnya, jalur mudik yang kerap digunakan oleh masyarakat di Kota Bekasi, terdapat tiga titik, yaitu Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jalan KH Noer Alie atau Kalimalang dan Jalan Sultan Agung. Tiga jalan utama itu merupakan akses menuju DKI Jakarta. “Tiga jalur itu pasti akan mengalami kepadatan pada saat mudik, karena jalan itu merupakan jalan utama,” terangnya.

Untuk mengantisipasi kepadatan arus, pihaknya akan merekayasa arus lalin. Pihak kepolisian dengan Dishub akan membuat rambu pengalihan arus di sejumlah titik yang rawan terjadinya kemacetan. ’’Misalnya di pintu Tol Bekasi Barat, kami siagakan petugas sewaktu-waktu ada pengalihan arus jika terjadi kepadatan di dalam tol,” ucapnya.

Selain itu, kata dia, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terkait transportasi massal, pihaknya bersama Dishub juga akan melakukan uji kelaikan kendaraan disertai tes urine kepada para pengemudinya. “Mulai minggu depan, sudah kami laksanakan, untuk tes urine dilakukan dua kali, yaitu minggu depan dan H-7 sebelum Lebaran,” tutupnya. ARS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger