' Yudistira Dalang Cilik Purwakarta - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Yudistira Dalang Cilik Purwakarta

Yudistira Dalang Cilik Purwakarta

Written By dodi on Tuesday, July 10, 2012 | 10:51 AM

USIANYA masih belia, namun semua nama nama tokoh pewayangan sangat diingat betul. Bahkan tokoh pahlawan yang gagah dan pemberani serta pembela kebenaran Gatot Kaca, menjadi salah satu wayang kesukaannya. Adalah Yudistira Manunggaling Rahmaning Hurip, siswa kelas 3 SDN Kahuripan Purwakarta yang akrab dipanggil Dalang Cilik.

Pementasan di layar kaca, pentas di wilayah Bandung, Bogor, dan tentunya di Purwakarta sendiri serta wilayah lain, sudah dilakoninya. Putra kedua dari pasangan H Dedi Mulyadi SH (Bupati Purwakarta) dan Hj Anne Ratna Mustika Mulyadi ini, bercita-cita ingin menjadi dalang sohor seperti sang guru Asep Sunandar Sunarya.

Yudistira atau yang akrab disapa De Tira ini sangat piawai mengibingkan wayang golek dengan karakternya masing-masing. Namun rasanya lebih menyatu, kata Yudistira yang sangat mengagumi ayahnya (bupati Dedi Mulyadi-Red), ketika dirinya memegang dan menggerakkan tokoh pahlawan Gatot Kaca.

“Ini tokoh pahlawan Gatot Kaca. Ini pendeta dan ini Cepot, Dawala (Petruk) dan Gareng ponakawan dari Karang Tumaritis anak anak Lurah Semar Badranaya,” terang Yudistira kepada LINGKAR JABAR di gedung kembar Nakula Sadewa menjelaskan tanpa ragu ragu sambil sesekali memainkan dan menggerak gerakan tokoh wayang yang dipegangnya.

Darah seni yang dimiliki Yudistira, sepertinya didapat dari ayahnya Dedi Mulyadi yang telah menciptakan sejumlah lagu yang kini tengah hits di Purwakarta. Seperti tembang Dangding, Girimis dan lagu-lagu lainnya yang dilantunkan oleh group band MK 9. Maka pantas jika Yudistira, paham dan mengerti betul cerita tentang perang Baratayuda.

Selain pencipta lagu, Bupati Dedi Mulyadi juga sangat menyukai dunia pewayangan. Adalah wajar jika dalang cilik Yudistira, juga mengetahui masing-masing karakter dari dunia pewayangan tersebut. “Wah ade Tira sih sering manggung termasuk pernah pentas di layar kaca,” pungkas Jaya Pranolo Kasubag Pemberitaan Humas Purwakarta.YAS

Keterangan foto :
DALANG CILIK : Yudistira Manunggaling Rahmaning Hurip dalang cilik yang bercita-cita menjadi dalang sohor seperti gurunya H Asep Sunandar Sunarya, dengan piawai tengah memainkan tokoh wayang Gatot Kaca.YAS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger