' Wayang Golek Bernilai Leluhur - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Wayang Golek Bernilai Leluhur

Wayang Golek Bernilai Leluhur

Written By dodi on Monday, July 9, 2012 | 8:00 AM

SOSIALISASI lima pilar kehidupan melalui wayang golek berlakon "Pancabraja Nitis", dilaksanakan dalam satu event di Arena Bandung Kreatif, belum lama ini. Bertindak sebagai dalang, Ki Dadan Sunandan Sunarya. 

Hadir pada kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Barat diwakili Sekretaris Daerah setempat. Begitu uga Wali Kota Bandung yang diwakili Ayi Vivananda, Camat Ujungberung Drs Taufik, Kapolsek, Danramil,  serta para tokoh yang ada di Ujungberung kota Bandung.

Gelaran wayang golek ini diprogramkan  MPR RI, dalam rangka sosialisasi pilar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara (Pancasila, UUD RI 1945, dan Bhineka Tunggal Ika) khususnya di kota Bandung, umumnya Jawa Barat, dengan harapan pemahaman dari pilar dimaksud sampai  ke masyarakat hingga ke akar rumput.

Mengingat kesenian wayang golek khas Jawa Barat mengandung nilai-nilai luhur kebudayaan dalam konteks pembangunan, bermasyarakat menuju  kesatuan dan persatuan. Hal itu menjadi salah satu modal utama berbangsa dan bernegara yang utuh. Karenanya pancasila harus betul-betul kita jaga dan lestarikan sebagai Falsapah Negara RI.

Begitu isi sambutan Wakil MPR RI. Di mana pada kesempatan itu memanggil anak-anak SD, lalu langsung mengetes pembacaan teks  Pancasila. Ternyata dibaca dengan lancar oleh anak yang ditunjuk. Kemudian mendapat aplus tepuk tangan penonton. Di sisi lain, sebelum sambutanya berakhir, wakil MPR RI Ir Hj Melaeni memberikan kenang kenangan atau cindramata kepada Kidalang Ki Dadan Sunandar Sunarya, berupa wayang golek Gatot Gaca.

Sayang pada kesempatan itu, Gubernur Jawa Barat tidak sempat hadir, diwakili Sekda setempat DR IR Lex Lesmana. Pada kesempatan itu mengajak seluruh masyarakat Jawa Barat untuk tetap melestarikan, lalu mencintai budaya budaya, khususnya Jawa Barat. "Jaga kesatuan dan persatuan yang kokoh," katanya.HER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger