' ‘Umi’ Kabag Humnas Dan Protokol Sang Pencipta Lagu - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » ‘Umi’ Kabag Humnas Dan Protokol Sang Pencipta Lagu

‘Umi’ Kabag Humnas Dan Protokol Sang Pencipta Lagu

Written By dodi on Thursday, July 12, 2012 | 8:00 AM

SIAPA sangka lagu mars Purwakarta yang populer dan tidak asing lagi ditelinga warga Purwakarta, khususnya di kalangan pelajar dan pegawai negri, penciptanya adalah seorang wanita kelahiran Bandung 6 Juli 1965 yang anggun bersahaja dan murah senyum yang kini  menjabat sebagai Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

Adalah Nani Mardiani S.Pd atau yang akrab disapa ‘Umi’, telah banyak memberikan sumbangsihnya untuk Purwakarta terutama di bidang seni dan budaya. Berbekal hobbi menyanyi-nya, Umi saat ini sudah menciptakan banyak lagu, di mana enam di antaranya sudah diakui  hak ciptanya (HAKI) di Departemen Hukum dan HAM.

Lagu-lagu Umi yang sudah mendapatkan hak sipta di antaranya, Mars Purwakarta. Lagu ini selain mendapat hakl cipta, juga sudah mendapat pengakuan pemerintah daerah melalui peraturan daerah (Perda) No. 3 tahun 2006. Umi juga menciptakan Mars Pilkada Purwakarta, lagu Karaharjaan Purwakarta, Mars SLBN Purwakarta, Hymne Pemimpin panutan dan Hymne STIE Wikara dan banyak lagi.

Menurut istri dari Ir Agus Permana ini, dari sekian lagu yang sudah diciptakan, dalam menuangkan imajinasinya dalam menciptakan lagu, ia selalu terinspirasi oleh visi dan misi di mana dirinya tengah menempati suatu jabatan ketika dirinya bekerja. Ibu dari Suci Widia Lestari dan Cindy Widia Lasifa ini, dalam bekerjanya selalu sungguh sungguh.

“Sungguh-sungguh, ulet dan tekun ketika kita menduduki suatu jabatan dan menjalankannya dengan ikhlas, maka akan melahirkan tanggung jawab yang tinggi dan akan menuai keberhasilanm,” kata Umi yang dikenal sangat akrab di kalangan pekerja disket (wartawan) di lingkungan Pemkab Purwakarta ini.

Dalam kariernya sebagai seorang PNS, Umi yang saat ditemui LINGKAR JABAR di ruang kerjanya bercerita bahwa sebelum menduduki jabatan Kabag Humas dan Protokol, dirinya pernah menjabat di beberapa OPD. Tahun 1999, Umi menjabat sebagai Kepala Sekolah di SLB Negeri sekaligus Kasie PLB (Pendidikan Luar Biasa).

Kemudian ia dimutasi ke Kesra, selanjutnya ke Dinas Pendidikan menjabat sebagai Kasie Seni dan Budaya, lalu menjadi Kabid Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Setelah itu Umi ditempatkan di BKBPIA sebagai Kabid Pemberdayaan perempuan, lalu ke Diklat, Dinas Kebersihan dan Pertamanan sebagai Kabid pertamanan. Dan sekarang sebagai Kabag Humas dan Protokol Pemkab Purwakarta.

Meski di bagian Humas dan Protokol merupakan sesuatu yang baru, ungkap Umi, tetapi Umi tidak merasa canggung sebab ia memiliki staf dan rekan rekan hebat yang sangat membantu sekali dalam  melaksanakan pekerjaan. Jadi semuanya bisa berjalan dengan baik di samping menjalankannya dengan ikhlas dan tentunya enjoy, kelakar Umi.

Selain hobbi menyanyi dan pandai menciptakan lagu, perempuan yang menyelesaikan S2 nya di UNINUS ini juga hobbi menulis. Diantara tulisan yang sudah dibuatnya, pernah di muat pada tabloid parlementaria DPRD kabupaten Purwakarta. Umi sangat respek terhadap perempuan, tak heran tulisan tulisan Umi lebih mengangkat tentang perempuan, seperti Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan perdagangan perempuan (trafficking).

Berbincara tentang seni, Umi yang tinggal di perum Dian Anyar Blok F-3 No 9 ini mengakui, bahwa seniman daerah, khususnya seniman yang ada di Purwakarta  memiliki talenta tinggi dan bisa menembus pasar bisnis entertaint. Saat ini, sudah ada beberapa seniman Purwakarta yang sudah bisa menembus pasar entertaint.

Untuk yang lainnya, mungkin saja belum ada kesempatan yang menghampiri mereka, “Semoga saja nanti ada seniman Purwakarta yang bisa berprestasi internasional,” ujar Umi sembari melanjutkan Purwakarta adalah salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki budaya seni tinggi dan memiliki seniman seniman berbakat yang cukup membanggakan.

Bupati Purwakarta H Dedi Mulyadi SH sendiri, tutur Umi, adalah orang yang berseni, memiliki bakat seni dan sangat perduli dengan kesenian. Dari program-program yang telah digulirkan bupati dalam membangun Purwakarta, sesuai dengan visinya yaitu Purwakarta berkarakter, hampir semua hasil pembangunannyapun memiliki karakter dan bernilai seni. 

Karenanya Umi juga sangat mengagumi Bupati yang juga telah banyak menciptakan lagu, di mana dalam menciptakan lagu, penggunaan majasnya sangat pas. Selain itu, lagu lagu yang diciptakan beliau memiliki makna yang sangat dalam dan menyentuh. Sehingga setiap yang mendengarkan lagu ciptaan beliau, akan terhanyut.TRYAS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger