' Tuntaskan Kemiskinan Purwakarta Anggarkan Rp 1,5 Triliun - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Tuntaskan Kemiskinan Purwakarta Anggarkan Rp 1,5 Triliun

Tuntaskan Kemiskinan Purwakarta Anggarkan Rp 1,5 Triliun

Written By dodi on Monday, July 16, 2012 | 8:00 AM

KAB.PURWAKARTA (LJ) – Agar warga masyarakat bisa hidup sejahtera dan sehat terutama masyarakat yang ada dipelosok perdesaan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1,5 triliun. Anggaran yang bersumber dari APBD tersebut, dialokasikan untuk program pengentasan kemiskinan hingga lima tahun kedepan.

“Berdasarkan data dari BPS jumlah keluarga miskin di Kabupaten Purwakarta tercatat sebanyak Rp 55 ribu kepala keluarga. Jika dibandingkan denga kabupaten lain, jumlah tersebut relatif lebih kecil,” kata Dedi Mulyadi, Bupati Purwakarta, kepada LINGKAR JABAR kemarin.

Dikatakan Dedi Mulyadi, persoalan kemiskinan, tidak hanya terjadi di Purwakarta saja tapi juga terjadi di daerah lain. Meskipun prosentasenya relatif lebih kecl, namun Pemkab Purwakarta terus berupaya untuk meminimalisasi persoalan ini. Oleh sebab itu, mulai 2013 mendatang pengentasan kemiskinan menjadi program prioritas.

Persoalan kemiskinan, sambung dia, jika tidak secepatnya diselesaikan, maka sehebat apapun konsep pembangunan akan gagal kalau masyarakat miskinnya tidak mendapat perhatian yang serius. Dengan demikian, mulai tahun depan Pemkab Purwakarta akan lebih serius memperhatikan masyarakat bawah tersebut.

Yang menjadi salah satu program unggulan dalam pengentasan kemiskinan ini, paparnya, yaitu memperbaiki rumah tak layak huni. Sehingga, istilah rumah ku adalah surga ku akan betul-betul dirasakan oleh masyarakat miskin. Sebab jika rumahnya tidak layak huni,  maka orang yang mendiami rumah tersebut akan rentan terhadap berbagai penyakit.

Oleh sebab itu, Dedi Mulyadi memastikan mulai tahun depan setiap KK miskin rumahnya akan dibenahi menjadi layak huni dan sehat serta representatif. Selain rumah, lanjut dia, KK miskin juga akan dibantu permodalan usaha atau memiliki hewan ternak, seperti kambing dan sapi. Hal itu, agar masyarakat menjadi sejahtera.

Dengan memiliki hewan ternak, maka roda ekonomi keluarga dipastikan akan jalan. Sebab, mereka akan memiliki penghasilan diluar penghasilan utama, umpanya bekerja sebagai buruh serabutan. Selain itu, Pemkab Purwakarta juga akan memudahkan layanan pendidikan dan kesehatan bagi warga.

Anak usia sekolah dari kalangan tidak mampu, kata Dedi Mulyadi, akan menjadi prioritas utama untuk mendapatkan pendidikan. Mereka harus bisa mengenyam pendidikan, terlebih biaya pendaftaran SD sampai SMP di Kabupaten Purwakarta sudah digratiskan. Dan untuk sumbangan lainnya, akan menggunakan pola subsidi silang dan bantuan BOS.

Khusus untuk kesehatan, paparnya, warga Purwakarta seluruhnya akan diasuransikan. Baik asuransi untuk kesehatan dan kematian serta asuransi pensiunan atau hari tua. Jadi intinya, pembangunan lima tahun lalu, terkonsentrasi pada infrastruktur dan lima tahun kedepan, mulai membenahi persoalan kemiskinan.YAS.

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger