' Tradisi Misalin di Ciamis Menandai Datangnya Ramadhan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Tradisi Misalin di Ciamis Menandai Datangnya Ramadhan

Tradisi Misalin di Ciamis Menandai Datangnya Ramadhan

Written By dodi on Wednesday, July 18, 2012 | 8:00 AM

CIAMIS - Jelang memasuki bulan suci Ramadan, di Makam Sang Hiang Cipta Permana Prabudigaluh di Blok Salawe, Dusun Tunggal, Desa Cimaragas, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, selalu digelar sebuah ritual oleh warga Kabupaten Ciamis-Jabar. Ya itulah Misalin, sebuah tradisi warga setempat untuk menyambut datangnya bulan puasa yang penuh berkah ini.

Misalin atau dalam bahasa Indonesia berarti berganti merupakan tradisi turun temurun yang digelar warga setiap tahun menjelang datangnya bulan suci Ramadan. Secara filosofis Misalin ini sebagai titik balik umat muslim untuk mensucikan diri dari segala dosa, sebelum melaksanakan ibadah puasa.

Ritual ini digelar setiap tahunnya di kawasan cagar budaya Makam Cipta Permana Prabudigaluh. Diawali dengan iring-iringan sejumlah pendekar pencak silat dengan mengenakan pakaian serba hitam, diikuti puluhan warga dari berbagai pelosok daerah di Kabupaten Ciamis serta Kota Banjar.

Sebelum memasuki kawasan makam kramat Prabu Cipta Permana Prabudigaluh Salawe, panitia terlebih dahulu membacakan sejumlah rajah atau doa sebagai simbol perizinan akan menggelar ritual sakral Misalin. Setelah hampir satu jam menampilkan sejumlah atraksi serta permainan tradisional, peserta Misalin bersama juru kunci makam kemudian kembali berjalan menyusuri pematang sawah untuk berdoa di depan makan sang Prabu Galuh.

Suasana sakral terasa kental saat juru kunci makam beserta sejumlah tokoh agama setempat menggelar istigosah serta doa memohon keberkahan dari Yang Maha Kuasa. Saat yang paling dinanti sekaligus penutup dari kegiatan inim panitia membagikan makanan kepada seluruh peserta. Uniknya makanan tersebut disajikan menggunakan daun kelapa atau disebut juga pontrang. Warga kemudian berebut menyantap bersama dengan lesehan di kompleks pemakaman.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ciamis berencana akan memasukkan tradisi Misalin ini dalam kalender rutin tahunan wisata budaya. Dengan begitu, keberadaan cagar budaya tersebut bisa lebih dikenal luas oleh masyarakat. Selain itu, tradisi ini juga bisa menjadi salah satu agenda wisata budaya andalan yang dapat menarik minat turis lokal. CPS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger