' Tips Sehat Menghadapi Bulan Puasa - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » , » Tips Sehat Menghadapi Bulan Puasa

Tips Sehat Menghadapi Bulan Puasa

Written By dodi on Thursday, July 12, 2012 | 8:00 AM

Tidak terasa bulan ramadhan akan kita jalani beberapa minggu kedepan. Bulan ini adalah bulan suci untuk jutaan umat muslim di dunia terutama di indonesia, selain itu bulan ini merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu. Betapa tidak pada bulan ini begitu banyak hikmah yan akan kita dapat disini.

Kesehatan tentunya harus terjaga pada bulan ini, saya memiliki beberapa tips yang mungkin bisa jadi masukan untuk menjalankan ibadah puasa,tipsnya antara lain:

1. Jika kalian merasa bulan puasa itu berat hal ini perlu diralat, untuk megawalinya tidak terlalu berat baiknya mulai dari sekarang biasakan puasa sunah, paling tidak seminggu 2 kali untuk melatih tubuh kita di bulan puasa nanti agar tidak kaget.

2. Coba perbanyak minum air putih, agar kodisi tbuh tetap terjaga jangan perbanyak makan es saat ini. Mumpung bulan puasa masih beberapa minggu kedepan, jadi optimalkan untuk senantiasa sehat ya..

3. Biasakan bangun malam, biasanya hal yana paling sulit ketika puasa adalah menjelang sahur. Rasanya kita malas untuk sahur padahal sahur penting sekali, selain sahur itu bagus untuk daya tahan tubuh kita nantinya pas puasa, kita juga bisa mendapat pahala dari sahur ini . Jadi ngak ada salahnya untuk solat malam setiap hari hal ini bisa menjadi latihan sahur kita kedepannya.

4. Olahraga secara rutin juga mampu menjaga daya tahan tubuh kita menjelang puasa, usahakan jangan sampai sakit sehingga kita bisa menigkatkan ibadah kita. Jangan lupa juga untuk memperbnyak konsumsi buah-buahan dan juga sayuran.

5. Persiapkan budget keperluan apa saja yang dibutuhkan mejelang bulan puasa, biasanya kita sulit mengontrol nafsu kita ketika membeli bahan makanan untuk persediaan sahur dan berbuka puasa. Jadi usahakan hal yang terpenting saja untuk di beli agar tidak mubajir dan terbuang percuma. Terutama jangan menyiapkan budget untuk membeli makanan siap saji yang tidak sehat, usahakan untuk memasak menu makanan yang tetap bergizi

Kalo semuanya sudah siap, mudah-mudahan kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar tanpa kendala nantinya. Yang terpenting adalah faktor kesehatan dalam tubuh untuk tetap survive menjalankan ibadahnya. Itu sedikit tips dari saya semoga bermanfaat , dan selamat menjalankan ibadah puasa untk seluruh umat muslim.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger