' Tips Mengenali Menu Makanan Sehat Buat Si Pelupa - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Tips Mengenali Menu Makanan Sehat Buat Si Pelupa

Tips Mengenali Menu Makanan Sehat Buat Si Pelupa

Written By dodi on Friday, July 6, 2012 | 3:37 PM

Selain penyakit dan gaya hidup, menu makanan juga memicu Anda menjadi seperti si Dori, si Ikan Pelupa dalam film Fiding Nemo.  “Setiap harinya 12 juta orang dewasa di Inggris lupa harus belanja apa saat tiba di supermarket, 15 juta orang lupa meninggalkan makanan atau minuman mereka hingga dingin, dan 15 juta lainnya lupa dimana meletekaan kunci rumah atau mobil,” (Riset dari National-Lottery.co.uk). Dan di lain sisi, beberapa makanan yang Anda hindari demi diet, justru bisa menjadi bagus untuk otak Anda. “Makanan yang Anda konsumsi juga berpengaruh memacu perubahan pembuluh darah otak ke pusat pengingatan. Demi menghindari bentuk tubuh tertentu, bisa jadi Anda justru menghindari maknaan yang berguna untuk mempertajam memori Anda,” jelas dr. Adre Mayza, SpS(K), Kepala Bidang Penanggulangan Intelegensi Kesehatan Depkes RI, dan anggota Perdosi (Perhimpunan Dotker Spesialis Saraf Indonesia). Berikut ini tipsanda.com akan menguaraikan makananan yang semestinya tidak hilang dalam menu (diet) Anda, sebagai menu sehat peningkat daya ingat:

1. Wine. Yup! 200 mililiter wine per harinya memang bagus untuk kesehatan Anda. Sebab, asupan itu bisa memberikan kecukupan kadar flavonoid dalam otak Anda. Sejumlah penelitian menyebutkan zat tersebut berguna bagi saraf otak untuk membentuk memori ‘baru’ dan melancarkan peredaran daerah di bagian otak yang aktif. Jadi, tak perlu ragu agi untuk menikmati segelas Cabarnet Sauvignon saat berkumpul dengan teman-teman.

2. Cokelat.Hampir sama dengan wine, cokelat pun kaya akan kandungan flovonoid. Menurut tulisan Gary L. Wenk, Ph.D., Professor of Psycology & Neuroscience & Molecular Virology, Immunology dan Medical Genetics di Ohio State University, saat wanita dewasa diberikan minuman cokelat, aliran darah ke otak mereka meningkat secara signifikan hanya dalam waktu 2 jam. Penulis buku Your Brain on Food ini juga memaparkan bahwa performa para wanita tersebut juga berkembang dalam melakukan tugas yang komplek.

3. Kacang. Menurut sebuah studi yang diterbitkan di American Journal of Epidemiology, asupan vitamin E membantu mencegah lemahnya memori Anda. Kacang-kacangan merupakan salah satu sumber vitamin E yang baik, sama seperti sayuran hijau, beras hitam dan gandum.

4. Daging Tanpa Lemak. Kekurangan zat besi bisa berpengaruh besar pada fungsi otak dan kemampuan belajar Anda, dan perahnya meningkatkan risiko penyakit Alzheimer. Saat diet, yang butuh dihilangkan adalah lemak, bukan kandungan zat besi. Jadi pastikan asupan zat besi Anda tetap tercukupi.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger