' Tips Beraktifitas Sesuai Irama Otak (schedule aktifitas yang tepat) - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Tips Beraktifitas Sesuai Irama Otak (schedule aktifitas yang tepat)

Tips Beraktifitas Sesuai Irama Otak (schedule aktifitas yang tepat)

Written By dodi on Wednesday, July 4, 2012 | 8:00 AM

Tak hanya tubuh yang mengalami perubahan kadar energi. Otak pun mengalaminya. Karena seperti tubuh, otak juga memiliki irama kera. Irama otak sendiri lebih banyak ditentukan oleh pola tidur, paparan terhadap cahaya dan faktor genetika. Menurut para psikolog, dengan mengikuti irama otak, Anda bisa membakar lembak lebih efisien sehingga tubuh menjadi lebih sehat. Dengan mengikuti irama otak, Andaakan bekerja lebih efektif. Dan dengan mengikuti irama otak, Anda bisa menjalin hubungan lebih mesra dengan pasangan. Nah, seperti apa irama otak yang bisa membuat Anda lebih sehat, bahagia dan produktif. Berikut ini tipsanda.com akan menguraikan Tips bagaimana memilih aktifitas yang sesuai dengan Irama otak:

1. Pukul 05:00 – 09:00 (Waktu Terbaik Untuk Menjaga Kemesraan). Tak peduli jam berapa Anda terbangun di pagi hari. Yang pasti saat bangun pagi inilah waktu terbaik untuk menguatkan hubungan dengan orang-orang penting dalam hidup Anda. Di saat ini Anda akan terbangun dengan rasa penuh energi dan merasa perlu banyak dekapan. Begitu pula pasangan yang terbangun dengna gelombang yang sama. Selain itu, kadar hormone oksitosis yang oleh kalangan peniiti disebut hormone cinta pun sedang berada pada puncaknya pada jam ini. Bahkan para penilit di Inggris menemukan kadar hormone oksitosin tinggi pada kaum lelaki. Berapa pun usia mereka. Gunakan waktu semaksimal mungkin untuk : Menelepon, mengirim sms atau email pada kekasih Anda. Ingatkan dia bertapa Anda mencintainya. Inilah saat yang tepat untuk bercinta atau cukup berelukan.

2. Pukul 09:00 – 11:00 (Waktu Terbaik Untuk Mencari Ide). Pada waktu ini, hormone stress kortisol Anda berada pada kadar sedang. Hal ini akan sangat menbatu Anda untuk berpikir focus. Menariknya kondisi ini dialami oleh semua golongan umur. Jadi buat Anda si 30-an tak perlu khawatir tak bisa berpikir setajam si 20-an. Hanya memang ada sedikit pengaruh sehubungan dengan usia. Menurut penelitian dari Unversity of Michigan, Amerika Serikat, semua golongan usia memang cepat fokus di pagi hari. Namun menjelang siang, ketajaman pikiran orang-orang yang lebih tua akan cepat menurun dibandingkan orang-orang muda. Gunakan waktu semaksimal mungkin untuk: mengerjakan tugas-tugas yang membutuhkan analissi dan konsentrasi, mengembangkan ide-ide baru, membuat presentasi dan brainstorming mencadir solusi untuk sebuah tantangan. Bagi yang mulai memasuki usia matang alias paruh baya, pikiran akan lebh jernih di pagi hari. Atur jadwal untuk diskusi masalah pribadi di jam-jam ini karena semua orang bisa berpikir jernih secara lebih baik.

3. Pukul 11:00 – 14:00 (Waktu Terbaik untuk Tugas Sulit). Nah di waktu ini, hormone tidur bernama melatonin di otak Anda sedang menurun drastis. Kondisi puncak hormone ini sendiri adalah di malam hari saat Anda mulai tidur hingga awal pagi. Menurunnya melatonin ini membaut Anda siap mengerjakan tugas-tugas. Para peneliti menemukan bahwa waktu reaksi dan kemempuan untuk menyelesaikan beberapa tugas cenderung menguat di pertengahan hari. Keadaan emosi Anda yang stabil pundi jam ini membuat waktu ini sangat baik digunakan mengerjakan sesuatu. Namun, sebaiknya Anda tetap mengerjakan tugas satu per satu. Pasalnya, mengerjakan beberapa tugas sekaligus akan membaut otak merasa dituntut bekerja lebih keras. Gunakan waktu semaksimal mungkin untuk: mengerjakan tugas tugas kantor, menjawab email klien dan memberikan presentasi pada bos dan klien. Waktu ini juga baik untuk menyelesaikan masalah dengan pasangan karena Anda bisa merespon dengan ceapt jawaban marah dari pasangan ketika bertengkar di jam ini.

4. Pukul 14:00 – 15:00 (Waktu Terbaik Untuk Istirahat). Jika Anda bisa makan siang pada pukul 12:00, mulai sekarang usahakan makan siang mendekati pukul 14:00. Mengapa? Karena pada jam ini Anda akan menjadi sangat tidak produktif. Penurunan suhu tubuh yang membantu menenangkan untuk tidur di malam hari akan juga terjadi pada jam ini. Selain itu, untuk mencerna makan siang Anda secara lebih efektif, tubuh harus menarik darah dari otak ke perut. Otomatis setelah makan siang, tubuh Anda pun terasa lemas dan berharap bisa istirahat sejenak untuk mencerna makanan tadi. Bagi Anda yang sulit tidur di siang hari, trik ini bisa Anda pergunakan.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger