' Tingkatkan Kapasitas Produksi, Indocement Bangun Tiga Pabrik - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Tingkatkan Kapasitas Produksi, Indocement Bangun Tiga Pabrik

Tingkatkan Kapasitas Produksi, Indocement Bangun Tiga Pabrik

Written By dodi on Monday, July 30, 2012 | 8:00 AM

KAB.BOGOR (LJ) - Produsen semen terbesar di tanah air, PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) terus meningkatkan kapasitas produksi semen melalui penambahan pabrik di sejumlah lokasi. Sampai pada 2016 nanti, Indocement menargetkan tiga pabrik baru sudah beroperasi penuh. Ketiga pabrik baru itu akan dibangun masing-masing di Citeureup-Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang sudah ada lebih dulu. Kemudian di wilayah Pati, Jawa Tengah dan satu pabrik lagi di luar pulau Jawa.

Menurut Sahat Panggabean, Corporate Secretary Indocement, pabrik baru di Citeureup saat ini sudah memasuki tahap paparan publik dan pembangunan akan segera dilakukan. "Kami jadwalkan sebelum tahun 2012 berakhir pembangunan pabrik sudah dilakukan," kata Sahat dalam keterangan persnya, akhir pekan lalu. Dia menjelaskan, pabrik Citereup merupakan pabrik semen brown-field dengan kapasitas produksi mencapai 4,4 juta ton.

"Karena ini merupakan pabrik brown-field, jadi infrastrukturnya sudah ada dan kami bangun pabriknya," tutur Sahat. Nilai investasi untuk pembangunan pabrik Citeureup, lanjutnya, sebesar US$ 800 juta dan diperkirakan siap berproduksi pada 2015. INTP juga dalam tahap akhir untuk pembangunan pabrik semen di Pati, Jawa Tengah. "Saat ini kami sudah menuntaskan proses amdal (analisis mengenai dampak lingkungan)," kata Sahat.

Sekedar informasi, pembangunan pabrik Pati sebenarnya mundur dari jadwal yang telah ditetapkan Indocement. Menurut Sahat, pembangunan pabrik awalnya direncanakan tahun 2011 lalu. Namun karena adanya penolakan dari masyarakat sekitar, terpaksa pelaksanaannya diundur. "Kami terus melakukan sosialisasi dan berupaya untuk memulai pembangunan sesegera mungkin," jelasnya.

Sementara pabrik di Pati adalah pabrik green-field dengan kapasitas mencapai 2,5 juta ton. Indocement harus memulai dari nol pembangunan pabrik ini, dengan melakukan pembebasan lahan, membangun infrastruktur lalu kemudian membangun pabriknya. INTP memperkirakan pembangunan akan memakan waktu dua tahun.

Dijelaskannya lagi, manajemen Indocement telah menyiapkan dana sekitar US$ 750 juta untuk pembangunan pabrik Pati. "Dana tersebut sudah termasuk lahan, pembangunan infrastruktur dan pembangunan power plant," ujarnya. Sementara untuk pembangunan satu pabrik di luar Jawa, Sahat belum bisa menyebutkan lokasinya. "Kami masih melakukan penjajakan," tukasnya.

Yang pasti pabrik di luar Jawa, berkapasitas 2,5 juta ton, itu adalah pabrik green-field seperti halnya pabrik Pati. Adapun nilai investasi untuk pembangunannya kurang lebih sama dengan pabrik Pati, sekitar US$ 750 juta. Sahat menambahkan, pembangunan dua pabrik baru green-field itu diperkirakan akan siap beroperasi pada 2016. "Kami targetkan 2016 ketiga pabrik baru sudah beroperasi," katanya.

Dari data yang diperoleh, Indocement saat ini sudah memiliki 12 pabrik semen yang berada di 3 lokasi yaitu Citeureup-Kab.Bogor, Palimanan-Cirebon, dan Kotabaru. Kompleks Pabrik Citeureup, mengoperasikan 9 pabrik dengan kapasitas produksi terpasang sebesar 11,9 juta ton semen per tahun. Dua kompleks pabrik lainnya berlokasi di Cirebon dengan dua pabrik dan Tarjun, Kotabaru, Kalimantan Selatan dengan satu pabrik. Total kapasitas produksi terpasang Perseroan adalah 18,6 juta ton semen per tahun. PHD
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger