' Tes Kesehatan Calon Wali Kota Bekasi di RSPAD - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Tes Kesehatan Calon Wali Kota Bekasi di RSPAD

Tes Kesehatan Calon Wali Kota Bekasi di RSPAD

Written By dodi on Friday, July 20, 2012 | 2:08 PM

KOTA BEKASI (LJ) - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Bekasi Jawa Barat, menunjuk Rumah Sakit Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta Pusat, sebagai tempat dilakukannya tes kesehatan bagi calon Wali Kota Bekasi yang akan mengikuti Pilkada 16 Desember mendatang. RSPAD dipilih karena merupakan rumah sakit milik pemerintah, berpengalaman melakukan tes kesehatan serta memiliki kelengkapan alat yang memadai.

“Berdasarkan undang-undang, untuk tes kesehatan calon kepala daerah wajib dilakukan di rumah sakit milik pemerintah. Karena RSUD Kota Bekasi alatnya kurang lengkap, makanya kita lakukan di RSPAD. Sebenarnya kita juga bisa lakukan di RS Hasan Sadikin Bandung, tapi lokasinya lebih jauh ketimbang RSPAD,” ujar dr. Kamarudin Askar, Kepala Seksi Organisasi IDI Kota Bekasi, Kamis (19/7).

RSPAD Gatot Subroto lanjut Kamarudin, selama ini memiliki track record cukup baik. Dimana tidak ada komplain ketika melakukan tes kesehatan terhadap calon Presiden, calon Menteri hingga calon Gubernur DKI Jakarta.

Selain itu RSPAD dinilai juga mampu menerapkan disiplin yang tinggi, karena merupakan rumah sakit militer. “Setiap tes kesehatan calon kepala daerah biasanya selalu ada pengerahan massa. Nah, kalau di RSPAD itu dilarang. Jadi untuk mencegah adanya pengerahan massa juga,” imbuh Kamarudin.

“Jadi betul-betul steril, yang boleh masuk hanya calon, anggota KPU dan tim pemeriksa kesehatan saja. Hasilnya sendiri akan diserahkan ke KPU dan masing-masing calon.”

Tes kesehatan diantaranya dilakukan untuk seluruh bagian tubuh, dan diakhiri oleh wawancara untuk mengetahui psikologis calon. “Biayanya sudah ditanggung oleh APBD Kota Bekasi, dihitung masing-masing personal sebesar Rp6 Juta. Hasil tes, baik laboratorium dan lainnya, bisa diketahui dalam satu hari,” katanya.

Tes kesehatan calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota Bekasi dijadwalkan berlangsung pada bulan September atau sebelum penetapan calon, pada bulan Oktober 2012 mendatang. IDI Kota Bekasi sendiri sudah menandatangani perjanjian kerjasama dengan KPU Kota Bekasi, untuk pelaksanaan tes kesehatan tersebut. Penandatanganan perjanjian dilakukan di Balai Patriot Pemkot Bekasi Kamis 19 Juli 2012, usai penyerahan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilukada (DP4) Kota Bekasi. ARS

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger