' Taruna Akpol Latihan Kerja di Polres se-Polda Jabar - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Taruna Akpol Latihan Kerja di Polres se-Polda Jabar

Taruna Akpol Latihan Kerja di Polres se-Polda Jabar

Written By dodi on Thursday, July 26, 2012 | 8:00 AM

BANDUNG - Kapolda Jabar Irjen Pol Putut Eko Bayuseno yang diwakili Waka Polda Jabar Brigjen Pol Hengkie Kaluara menerima kedatangan Taruna/Taruni  Akpol TK. II Den 45 Budi Luhur Bhayangkara yang akan melaksanakan latihan kerja (Latja) selama dua minggu di sejumlah Kepolisian Resort (Polres) jajaran Polda Jabar. Dalam acara yang dilangsungkan di Aula Muryono markas Polda Jabar, Kota Bandung, Selasa (24/7), itu hadir Wakil Gubernur Akademi Kepolisian Brigjen Pol Bambang Usadi, para Direktur dan Kepala Bidang di Polda Jabar, para Waka Polres jajaran Polda Jabar dan para Pabingnis Latja Taruna/Taruni Akpol.

Dalam sambutannya yang disampaikan Waka Polda Jabar, Kapolda Irjen Putut Eko mengatakan bahwa  bahwa tantangan tugas Polri di masa mendatang akan semakin berat dan kompleks, seirama dengan lajunya arus globalisasi dan modernisasi, serta perkembangan sosial kemasyarakatan, dengan kepentingan dan kegiatan yang lebih beragam. Sedangkan era demokratisasi dan keterbukaan yang terus bergulir dewasa ini, acapkali diaktualisasikan dengan aksi unjuk rasa masyarakat, sehingga apabila tidak tertangani dengan baik, apalagi adanya provokasi dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, tidak jarang aksi unjuk rasa yang awalnya berjalan damai, berlanjut dengan bentrokan dan tindakan anarkis.

"Walaupun Polri dituntut untuk dapat menjamin tegaknya hukum dan keadilan, namun di dalam pelaksanaan tugasnya, Polri senantiasa dituntut untuk mengutamakan tindakan-tindakan yang bersifat pre-emtif dan preventif, melalui cara-cara yang persuasif dan edukatif, sedangkan upaya penegakan hukum merupakan alternatif terakhir, dalam mewujudkan rasa keadilan bagi masyarakat," ujarnya.

Dalam kaitan inilah, tegas Kapolda, maka guna merubah paradigma Polri menuju Polri yang transparan dan akuntabel, serta upaya membangun kemitraan Polri dan masyarakat, diperlukan upaya perubahan mind set dan kultur set anggota Polri, sehingga akan terbentuk SDM Polri yang profesional, humanis dan akuntabel. Selain itu, hal penting lainnya adalah dalam penyediaan personil baru Polri, yang tentunya diawali dari proses rekruitmen dan pendidikan pertama Polri, sehingga akan terwujud personil generasi penerus Polri yang professional, humanis dan akuntabel, serta sebagai pelayan prima yang anti KKN dan kekerasan.

Seirama dengan Reformasi Birokrasi Polri, lanjut Kapolda, maka peningkatan kualitas sumberdaya aparatur Polri, merupakan aspek yang memegang posisi sentral, karena kinerja institusi polri sangat ditentukan oleh personel-personel yang mengawakinya. Untuk itu, upaya yang bersifat strategis, perlu dimulai dengan penataan melalui sistem dan metoda pendidikan, yang diorientasikan kepada kemampuan pelaksanaan tugas kepolisian yang semakin kompleks.

Guna meningkatkan sumber daya manusia Polri, maka Akademi Kepolisian yang merupakan salah satu lembaga pendidikan Perwira Kepolisian dalam mendidik dan membentuk para Perwira Pertama Polri, menuntut persyaratan link and match antara teori yang diperoleh di lembaga pendidikan dengan realita pelaksanaan tugas di lapangan. Oleh karena itu, kegiatan latihan kerja di satuan wilayah bagi Taruna/Taruni Akpol, sangat penting artinya didalam memberikan pengalaman kerja nyata, sebagai kompulasi dan simulasi nyata dalam tugas-tugas kepolisian, sehingga diharapkan para Taruna/Taruni Akpol sebagai calon Perwira Polri, akan lebih memahami dan menguasai kompetensinya sebagai Perwira Polri, yang akan mampu menjawab berbagai tantangan tugas.

Pada pelaksanaan latihan kerja di satwil jajaran Polda Jabar ini, tentunya para Taruna/Taruni akan menghadapi kompleksitas tugas Polri yang dihadapi. Kepada para Kasatwil, Kapolda Jabar berharap dapat berperan aktif didalam mengawasi dan memberikan arahan atas keberadaan para Taruna/Taruni di kesatuannya. Demikian juga kepada para Pabingnis, diharapkan dapat melakukan pembinaan dan bimbingan teknis kepolisian kepada para Taruna/Taruni dengan baik dan bertanggung jawab, dapat memberikan penilaian obyektif, serta dapat memberikan contoh perilaku yang yang terpuji, yang dapat ditauladani oleh para Taruna/Taruni Akpol ini. HER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger