' Tarling, Pejabat Pemkot Kunjungi Sejumlah Masjid - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Tarling, Pejabat Pemkot Kunjungi Sejumlah Masjid

Tarling, Pejabat Pemkot Kunjungi Sejumlah Masjid

Written By dodi on Monday, July 30, 2012 | 8:00 AM

BOGOR (LJ) - Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Bogor, Aim Halim Hermana untuk pertama kali melakukan tarawih keliling (tarling) pada bulan ramadhan 1433 hijriah setelah di lantik menjadi Sekretaris Daerah.

Dari pantauan LINGKAR JABAR, dilokasi, Sekdakot, melakukan tarawih di Masjid Al Mubarok RT 01 RW 08 Kelurahan Cikaret, Kecamatan Bogor Selatan. Sekdakot, memimpin tim 8 rombongan tarling pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

Suasana tarawih di Masjid Al Mubarok masih kental tradisi para ulama pendahulunya dengan memegang teguh prinsipnya. Saatnya waktu shalat isya terdengar suara bedug dan berkumandangnya adzan tanpa pengeras suara (speaker). Sedangkan shalat tarawih yang dilakukan Jama'ah yaitu dua puluh rakaat sholat tarawih, dan tiga rakaat sholat witir. 

Usai shalat isya berjamaah menjelang shalat tarawih, Aim Halim menyerahkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) untuk sarana keagamaan Masjid senilai Rp2,5 juta. SP2D diterima Ketua DKM Al Mubarok Syarif. “Kami tidak bisa menyerahkan bantuan dana langsung tunai, karena sesuai aturan, kami hanya bisa menyerahkan SP2D, Silahkan diurus pencairan dananya oleh penerima bantuan ke Bank Jabar Banten (BJB)," kata, Aim kepada LINGKAR JABAR, kemarin.

Aim berharap, bantuan sarana keagamaan dari Pemkot Bogor, untuk Masjid Al Mubarok bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, untuk kebutuhan Masjid. "Tarling para pejabat yang dibagi dalam 23 tim dimaksudkan, selain sebagai ajang silaturahim dengan warga, juga merupakaan kesempatan bagi para pejabat, untuk melihat langsung kondisi wilayah," tuturnya.

Sementara itu, Pemkot Bogor seperti tahun-tahun sebelumnya, mengagendakan kegiatan dalam rangka memeriahkan bulan Ramadhan 1433 H. “Tarling, akan dilakukan tiga kali dan sudah dimulai pada Jum’at 27 Juli lalu, kemudian pada 3 Agustus dan 8 Agustus mendatang, dengan lokasi 68 masjid di 68 kelurahan di Kota Bogor," kata, Dody Achdiat, Kepala Bagian Kemasyarakatan Sekdakot, didampingi Kasubag Keagamaan Bagian Kemasyarakatan Faisal, kemarin.

Dilain pihak, Pemkot Bogor juga memberikan himbauan, bagi masyarakat Kota Bogor, selama bulan puasa, Dody menyebutkan bahwa pihaknya telah mengeluarkan sejumlah surat edaran. Pertama, telah dikeluarkan larangan untuk membuat, menjual, dan menggunakan petasan atau kembang api.

Kedua, edaran pada pengusaha restoran agar menata dan menutup bagian yang terbuka. Ketiga, penutupan tempat hiburan selama Ramadhan. Keempat, pelaksanaan kultum  (kuliah tujuh menit) sebelum shalat dhuhur bagi seluruh SKPD dan camat lurah se-Kota Bogor. Dan kelima, tidak dibenarkannya takbir keliling dengan menggunakan kendaraan bermotor, tetapi lebih difokuskan pelaksanaannya di masjid atau mushala. “Jika nanti ditemui pelanggaran atas edaran ini, Pemkot Bogor akan memberi sanksi mulai berupa teguran hingga penyegelan,“ tukasnya. ALI


 
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger