' Suhartini Syahlan ; Perempuan Jabar Harus Berani Berpolitik - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » , » Suhartini Syahlan ; Perempuan Jabar Harus Berani Berpolitik

Suhartini Syahlan ; Perempuan Jabar Harus Berani Berpolitik

Written By dodi on Wednesday, July 18, 2012 | 8:00 AM

BANDUNG(LJ)- Berdasarkan data kependudukan diketahui bahwa jumlah kaum perempuan di Provinsi Jawa Barat, jauh lebih banyak dari kaum laki laki.
    Meski jumlahnya lebih banyak dari kaum pria, ternyata keberanian mereka untuk terjun ke dunia politik masih sangat minim. Sementara, dalam Undang undang Pemilu, kaum prempuan memiliki kouta 30%.
    "Jadi, sudah seharusnya partai memberikan peluang bagi kaum perempuan untuk dapat duduk menjadi anggota Legislatif," demikian dikatakan Suhartini Syahlan, anggota Komisi E DPRD Jabar dari FPD,  kepada wartawan di gedung dewan jalan Diponegoro no 22 Kota Bandung kemarin.
    Dikatakan Suhartini, untuk diwilayah Jabar ini, cukup banyak kaum perempuan yang memiliki kemampuan, baik dari sisi pendidikan maupun berpengalaman di organisasi.  Namun sangat disayangkan ternyata cukup minim yang mau terjun ke dunia politik. 
     Untuk menarik dan memotivasi kaum perempuan terjun ke politik, DPD Partai Demokrat Jabar,melakukan pelatihan tentang perpolitikan bagi kaum perempuan. Hal ini dipandang cukup perlu, agar bila nanti perempuan perempuan yang sudah terpilih dan duduk sebagai anggota legislatif, memiliki kemampuan dan juga mampu memperjuangkan hak hak perempuan.
      Menurut Ketua Pemberdayaan Perempuan, yang juga ketua Verifikasi Perempuan Demokrat Jabar,bahwa kader-kader perempuan demokrat Jabar yang telah mengikuti pelatihan, diharapkan memiliki keberanian untuk mencalonkan diri sebagai calon Anggota Legislatif.
      Saat ditanya, bahwa selama ini dalam penyusunan daftar caleg seringkali kaum perempuan berada di bawah nama laki laki. Menurut  Suhartini  bahwa memang dalam pemilu yang lalu perempuan ditempatkan selalu nomor urut 3 atau 4.  Namun untuk yang akan datang, Partai Demokrat, dalam menyusun nomor urut caleg berdasarkan kemampuan, loyalitas dan aktifitas selama jadi kader.
     "Soal jadi atau tidaknya, itu tergantung perjuangan yang bersangkutan dalam memperkenalkan diri , pendekatan dan kegiatan yang dilakukan untuk menarik simpati  masyarakat, sehingga pada saat pemilu legislatif, masyarakat akan memilih kita, ujarnya.
      Lebih lanjut dikatakan, di DPRD Jabar saat ini ada 28 anggota perempuan, ini sudah cukup bagus walaupun belum mencapai kouta 30% sebagaimana diamanat dalam undang undang.   "Saya optimis dalam pemilu 2014 mendatang, anggota Legislatif perempuan akan labih banyak lagi. Hal ini karena seluruh Partai dalam penyusunan caleg sudah dapat dipastikan akan ada perempuan,"harapnya.(FER)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger