' Stok Darah PMI Cabang Purwakata Selama Ramadhan Aman - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Stok Darah PMI Cabang Purwakata Selama Ramadhan Aman

Stok Darah PMI Cabang Purwakata Selama Ramadhan Aman

Written By dodi on Thursday, July 19, 2012 | 8:00 AM

KAB.PURWAKARTA (LJ) – Menjelang bulan suci ramadhan 1433 Hijriyah, persediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Purwakarta, sangat mencukupi, hingga mencapai 800 labu (kantong-red). “Stok darah sampai saat ini, masih sangat mencukupi. Sehingga memasuki ramadhan kami tidak khawatir kekurangan,” ucap, Helly Sustiawati, PMI Cabang Kabupaten Purwakarta kepada LINGKAR JABAR, Rabu (18/7) diruang kerjanya.

Helly mengatakan, pada bulan lalu, persediaan hanya 500 labu/bulan, saat ini mengalami peningkatan hingga 800 labu/bulan. "Artinya, persediaan darah yang dibutuhkan untuk menghadapi bulan suci Ramadhan tahun ini, sudah siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan oleh masyarakat Kabupaten Purwakarta," tuturnya.

Stok darah tersebut, lanjut dia, diperoleh dari bakti sosial (Sosial) donor darah, yang kerjasama dengan sejumlah pendonor dari perusahaan swasta yang berada di kawasan industri BIC, baik yang ada di Kabupaten Purwakarta maupun Kabupaten Karawang. "Tidak hanya dari karyawan swasta, tapi juga dari PNS dan anggota Dewan, yang telah mendonorkan darahnya," ujarnya.

Dalam rangkaian Hari Jadi Kabupaten Purwakarta, kata dia, PMI Cabang Purwakarta juga bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam kegiatan sosial donor darah yang diikuti oleh para karyawan bank, pegawai negeri sipil (PNS) baik yang ada dilingkungan Sekretariat dewan maupun pemkab Purwakarta.

"Menyoal donor darah pada setiap kegiatan 'Gempungan Diburuan Urang Lembur' yang digelar tiga kali dalam satu minggu tersebut. Rata-rata bisa mendapatkan darah hingga lebih 10 labu. Namun demikian, itu pun tergantung dari wilayah yang menjadi sasaran kegiatan," ungkapnya.

Seperti, kegiatan Gempungan, lanjutnya, di Kecamatan Darangdan, Bojong dan Kecamatan Wanayasa, banyak masyarakat yang mendonorkan darahnya. Sementara di daerah Kecamatan Maniis, PMI Cabang Purwakarta hanya mendapat lima labu. Meskipun demikian, kebutuhan labu saat initerutama memasuji bulan suci ramdhan masih sangat mencukupi.

Ditambahkan Helly, untuk mendukung operasional PMI Cabang Purwakarta, pihaknya juga masih memerlukan armada yang bisa memberikan pelayanan seperti yang dilakukan oleh BKBPIA maupun Dinas Kependudukan. Sehingga, akan memaksimalkan dan memudahkan dalam memberikan pelayanana kepada masyarakat.

"Saya berharap, Pemkab Purwakarta bisa menambah armada untuk operasional PMI Cabang Purwakarta. Meskipun kondisinya kurang mendukung PMI memiliki kendaraan operasional. Namun akan lebih baik lagi jika ada penambahan armada dari pemerintah, sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa lebih maksimal lagi," harapnya. YAS
 
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger