' Situ Patenggang, Warisan dari Kerajaan Masa Lampau - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Situ Patenggang, Warisan dari Kerajaan Masa Lampau

Situ Patenggang, Warisan dari Kerajaan Masa Lampau

Written By dodi on Wednesday, July 25, 2012 | 8:00 AM

Terletak di ketinggian 1600 m dpl di kaki Gunung Patuha, Situ Patenggang adalah danau alami dengan panorama alam memukau serta dapat digunakan untuk rekreasi. Anda dapat berperahu sambil menikmati hamparan danau seluas 150 ha dengan sebuah pulau di tengahnya serta latar belakang perbukitan.

Keindahan alam di tempat ini juga kian memikat hati dengan hawa sejuk setempat (17-23° celcius, membuat pengalaman anda semakin menyegarkan. Keunikan lain Situ Patengang yang dibuka sebagai taman wisata sejak 1981 ini adalah legenda klasik dari kerajaan di masa lampau.

Adalah seorang pangeran keponakan Prabu Siliwangi, Ki Santang, dan seorang putri gunung cantik jelita, Dewi Rengganis, yang saling jatuh cinta. Namun perjalanan cinta mereka tidak semulus dan seindah yang dibayangkan oleh keduanya karena dipisahkan oleh keadaan yang sangat sulit dan rumit.

Konon, air mata yang mengalir dari keduanyalah yang membentuk danau ini, sehingga dinamai ‘patenggang’ yang diambil dari kata pateangan-teangan (Bahasa Sunda untuk saling mencari). Pada akhirnya, mereka dapat berkumpul kembali di sebuah batu setempat yang diberi nama Batu Cinta. Konon siapapun yang pernah berkunjung dengan pasangannya ke batu ini, maka cinta mereka akan abadi.

Yang tidak kalah menarik adalah kondisi jalan menuju Situ Patenggang yang menawarkan hamparan hutan dan perkebunan teh yang hijau, serta kebun-kebun sayuran dan strawberry khas setempat yang dapat Anda petik sendiri. Ini tentu akan menjadi pengalaman yang berkesan dan tak mudah dilupakan bagi anda.

Tertarik? Silahkan kunjungi Situ Patenggang ketika anda memiliki waktu luang untuk berlibur. Lokasinya juga mudah dijangkau kok, terletak di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung atau sekitar 50 kilometer dari Ibukota Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung. GUS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger