' Sistem Tanam Legowo Untuk Meningkat Produktifitas Padi - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » , » Sistem Tanam Legowo Untuk Meningkat Produktifitas Padi

Sistem Tanam Legowo Untuk Meningkat Produktifitas Padi

Written By dodi on Tuesday, July 24, 2012 | 8:00 AM

CIANJUR (LJ) Wakil Bupati Kabupaten Cianjur, Suranto mengatakan, adanya perkembangan teknologi pertanian, harus mampu mengikuti perkembangan tersebut, tentang bagaimana menggunakan bibit unggul serta penemuan-penemuan baru untuk meningkatkan produktifitas pertanian.

Menurut Suranto, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dibentuk untuk kemandirian serta meningkatkan kesejahteraan para petani, dengan cara saling bergotong royong memecahkan masalah. “Dengan begitu segala masalah semisal untuk menangani masalah pemeliharaan saluran irigasi dan masalah kebutuhan-kebutuhan lainnya dapat teratasi,”kata Suranto, Senin (23/7), dalam acara Gelar Teknologi PTT Padi Sawah tahun 2012 di Desa Cibaregbeg Kecamatan Cibeber.

Camat Cibeber, Syaipul Anwar mengungkapkan, lahan seluas 250 hektar yang terletak di desa Cibaregbeg kecamatan Cibeber merupakan lahan tadah hujan di uji coba untuk menerapkan teknologi Teknologi PTT Padi Sawah Tahun 2012 dengan mengunakan sistem tanam legowo dan mampu meningkatkan produktifitas mencapai 30 persen. Sistem penanaman legowo dipadukan dengan penggunaan boom flower dan obat untuk merangsang pertumbuhan tanaman agar tanaman dapat tumbuh maksimal.

Diakuinya, saat ini Kecamatan Cibeber memiliki 14 kelompok tani yang tergabung dalam gapoktan dan sudah mendapatkan bantuan berupa traktor, bibit serta obat – obatan untuk tanaman. Kurangnya pemeliharaan saluran air menjadi kendala dalam proses penanaman padi sehingga untuk kedepan, Gapoktan Cibeber lebih membutuhkan bantuan stimulan untuk meningkatkan kebersamaan dan tanggungjawab dalam memlihara saluran bersama-sama.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur, Sudrajat Laksana, mengatakan, Kabupaten Cianjur memliki luas lahan tanah tadah hujan seluas 66.000 hektar dengan rata – rata produktifitas pertanian padi baru mencapai 6,06 ton per hektar. “Dengan adanya sistem tanam legowo maka diharapkan produktifitas akan terus meningkat, dan Kabupaten Cianjur tetap menjadi lumbung padi,”kata Sudrajat.  (RUS)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger