' Sihir Kawah Putih - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Sihir Kawah Putih

Sihir Kawah Putih

Written By dodi on Thursday, July 5, 2012 | 8:00 AM

PERJALANAN 2,5 jam dari kota Bandung, di Ciwedeya, Bandung Seletan, Kabupaten Bandung. Wisatawan akan tersihir oleh pesona Kawah Putih yang telah menjadi daya tarik sejak lama. Terlebih ketika digelarnya Festival Kawah Putih yang ke-2. Dalam acara tersebut akan berlangsung banyak kegiatan seru, seperti lomba lintas alam hingga pentas seni. 

Di Kawah Putih, wisatawan akan melihat hamparan alam yang cantik dan pemandangan yang menawan. Pemandangannya cukup indah, udaranya dingin. Di atas gunung, terdapat hamparan pasir berwarna putih, dan di tengahnya terdapat danau berwarna hijau, suatu pemandangan yang cukup kontras.

Lokasi ini kabarnya ditemukan oleh seorang Belanda yang bernama Dr Franz Wilhelm Junghuh. Beliau tidak percaya dengan cerita penduduk sekitar yang mengatakan daerah gunung patuha tersebut angker, karena tempat tinggal jin dan mahluk halus. Sehingga tidak ada binatang yang lewat bahkan burung yang terbang melintasi saja bisa mati. Ternyata ditemukan adanya danau, yang di dalamnya terdapat semburan belerang, sehingga binatang tidak suka dengan bau tersebut.

Di dekat pintu masuk terdapat beberapa saung. Di saung ini, kita dapat beristirahat dengan rileks dengan suasana yang tidak pernah kita dapatkan di kota-kota besar.

Saat ini, kedua kalinya Festival Kawah Putih akan melibatkan ribuan orang peserta. Acara ini akan berlangsung pada tanggal 6-15 Juli 2012 nanti. "Kalau dirata-ratakan, jumlah peserta sekitar 500 orang dalam sehari," ujar Lies Bahunta, Kepala Biro Ekowisata Jasa Lingkungan dan Usaha Lain Perum Perhutani Unit III Jabar dan Banten di Kawah Putih, belum lama ini.

Lies menambahkan, puncak acara pada tanggal 15 Juli nanti, akan melibatkan lebih banyak lagi peserta. Diperkirakan ada 1.000 orang yang terlibat dan turut menyaksikan festival ini.

Dalam festival nanti, akan ada banyak kegiatan mulai dari Pasanggiri Tembang Kawah Putih, Giri Wana Rally (lomba lintas alam), sunatan massal, wedding festival, serta pentas seni. Bahkan pada puncak acara atau Minggu (15/7), akan ada upacara adat atau ritual yang digelar di lokasi. Ritual tersebut merupakan bentuk rasa syukur pada Sang Pencipta.HER


Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger