' Satya Lencana Bidang Koperasi Diberikan kepada Gubernur dan Bupati Bogor - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Satya Lencana Bidang Koperasi Diberikan kepada Gubernur dan Bupati Bogor

Satya Lencana Bidang Koperasi Diberikan kepada Gubernur dan Bupati Bogor

Written By dodi on Thursday, July 12, 2012 | 8:00 AM

BANDUNG - Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Bupati Bogor Rachmat Yasin mendapat penghargaan Satyalancana Pembangunan Bidang Koperasi dari Presiden SBY yang akan diberikan pada acara Hari Koperasi ke-65 tingkat Nasional di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Kamis (12/7). Penghargaan diberikan kepada orang nomor satu di Jabar dan Kabupaten Bogor itu karena berperan besar dalam pemberdayaan koperasi dan UMKM.

"Gubernur mendapatkan penghargaan Satyalancana Pembangunan bidang koperasi. Rencananya, penghargaan tersebut akan diberikan besok (hari ini, Red)," ujar Kepala Biro Humas, Umum, dan Protokol Sekretariat Daerah Jabar Rudy Gandakusumah saat dikonfirmasi wartawan, kemarin. Hal senada juga disampaikan oleh David Rizar Nugroho, Juru Bicara Bupati Bogor Rachmat Yasin. Menurut David, penghargaan itu diberikan karena dedikasi Bupati Rachmat Yasin dalam mengembangkan Koperasi dan UMKM.

Rudy Gandakusumah menjelaskan pemerintah menilai selama kepemimpinan Heryawan, banyak program kegiatan yang mendorong tumbuh kembangnya koperasi. Pasalnya, dalam setiap kesempatan, politisi asal PKS itu kerap mendorong masyarakat Jabar untuk berwirausaha sehingga bisa membuka lapangan kerja baru. "Pada awal 2011, beliau juga pernah mendapatkan penghargaan dari Menteri Koperasi dan UKM yakni Enterpreneurship Development sebagai kepala daerah terbaik dalam pengembangan kewirausahaan," katanya.

Menurutnya, Heryawan paham betul peran koperasi dan UMKM sebagai pendongkrak perekonomian Jabar. Sebab, setiap program yang dijalankan senantiasa bertujuan memajukan pelaku koperasi dan UMKM. "Meski begitu, beliau menyadari masih banyak kendala yang dihadapi pelaku Koperasi dan UMKM dalam mengembangkan usahanya mulai aspek pemasaran, permodalan, kelembagaan dan organisasi, SDM pengelola KUMKM, teknologi," katanya.

Dia menuturkan, di bawah kepemimpinan Heryawan, Pemrov Jabar meluncurkan berbagai program bantuan antara lain Bantuan Bagi Pengembangan Koperasi dan UMKM 2010 senilai Rp7,03 miliar bagi 1.583 koperasi dan UMK serta Bantuan Sosial bagi Pengembangan Koperasi 2011 terkait penguatan permodalan dan kinerja usaha koperasi senilai Rp15,32 miliar bagi 945 koperasi dan kelompok wanita.

Tidak hanya itu, kata Rudi, Gubernur juga menggulirkan program Dana Bergulir berupa Kredit Cinta Rakyat (KCR) yang disalurkan melalui Bank BJB senilai Rp165 miliar. Kredit berbunga 9,3% ini ditujukan bagi pelaku koperasi dan UMK. "Kemudian, Gubernur juga mendorong lahirnya lembaga penjamin kredit daerah. Keberadaan lembaga ini diharapkan akan membantu KUMKM yang tidak memiliki agunan. Kelemahan KUMKM yakni tidak adanya agunan dan lembaga ini akan memudahkan para pelaku UMK yang tidak memiliki agunan mengakses KCR," pungkasnya. FER/BSR
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger