' Robert Rene Alberts, Opsi Terbaik Bagi Persib - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Robert Rene Alberts, Opsi Terbaik Bagi Persib

Robert Rene Alberts, Opsi Terbaik Bagi Persib

Written By dodi on Tuesday, July 24, 2012 | 8:00 AM

BANDUNG - Pelatih asal Belanda, Robert Rene Alberts, sepertinya bakal menjadi opsi tepat bagi Persib untuk kompetisi musim depan. Selain karena kemampuannya dalam membentuk karakter tim dan pemain, peluang mendapatkan Rene Alberts pun dianggap lebih memungkinkan didapat Persib Bandung, mengingat pelatih asal Belanda tersebut sudah tidak lagi terikat kontrak dengan klub manapun sejak beberapa waktu lalu.

Sementara, pelatih Rachmad Darmawan yang juga diincar manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) dipastikan sulit untuk menukangi Persib lantaran masih terikat kontrak dengan Pelita Jaya Karawang selama dua tahun. Tak pelak, sejumlah pemain Persib pun berharap Rene Albert yang dikenal sebagai jago taktik bisa diboyong ke Bandung untuk membawa Persib menjadi tim juara.

Gelandang serang Persib, Atep, menilai kecerdasan pelatih asal Amsterdam tersebut dalam membangun karakter tim yang kuat, diharapkan dapat terjadi di Persib, seperti yang dilakukan Rene dulu saat masih menukangi Arema Indonesia. "Dia pelatih bagus. Di Arema, siapa yang ragu dengan kualitas dia. Dengan kumpulan pemain muda, Arema bisa menjadi juara. Dia bisa membentuk karakter tim yang kuat. Kalau dia bisa ke Persib, saya harap dia bisa melakukan hal yang sama," ujarnya kepada wartawan, kemarin.

Pemain bernomor punggung 7 ini mengatakan jika jajaran manajemen PT PBB berhasil mendatangkan Rene, dia berharap tuah mantan pelatih PSM Makassar tersebut dapat menular kepada Maung Bandung, terutama dalam membangun karakter tim. "Kita memang membutuhkan pelatih yang seperti itu. Yang bisa meramu dan menyatukan seluruh karakter pemain, menjadi karakter tim. Mudah-mudahan, kalau dia bergabung dengan kita, Persib bisa semakin baik lagi," pungkasnya.

Menyongsong kompetisi musim depan, memang banyak pihak yang berharap melakukan penguatan komposisi tim. Namun, mereka pun mengharapkan skuad Persib Bandung pada kompetisi Indonesian Super League musim 2011/2012 tidak terlalu banyak dirombak. Alasannya, pematangan sebuah tim membutuhkan waktu yang cukup lama dan tidak dapat terjadi secara instan. Meski musim lalu finish di urutan 8 klasemen, banyak yang menganggap Maung Bandung sudah mengalami banyak peningkatan.

Pengamat sepak bola Kota Bandung, Lukas Tumbuan menilai, cara instan yang diterapkan jajaran manajemen PT PBB pada beberapa musim ke belakang, tidak akan pernah memberikan prestasi apapun. Menurutnya, dengan pematangan, kekompakan, dan rasa memiliki para pemain terhadap Persib yang dapat memberikan prestasi kepada klub kebanggaan Kota Bandung di musim depan. "Memang seharusnya perombakan total dihindari. Sudah banyak contohnya. Kalau dirombak habis, formasi dibentuk dari awal lagi. Adaptasi dimulai dari nol lagi,” katanya.

“Sekarang lebih baik, cari pemain sesuai kebutuhan dan menutup kelemahan musim lalu. Kalau mau dirombak total juga sebenarnya bisa saja, tapi butuh waktu. Juara itu butuh proses, enggak ada yang instan," ujarnya seraya menambahkan yang harus dilakukan jajaran manajemen PT PBB saat ini adalah memilih pelatih yang paling tepat, untuk meramu skuad terbaik sesuai karakter pilihan sang pelatih, demi memudahkan tugasnya dalam membangun tim yang kuat. "Sekarang saya rasa yang harus dilakukan manajemen Persib, yaitu mencari pelatih yang paling tepat. Beri dia kebebasan meramu tim dengan memilih sendiri pemainnya. Dengan begitu, tugas dia untuk membangun tim menjadi sedikit lebih mudah," pungkasnya. FER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger