' Ribuan Anak Cianjur Rayakan HAN di Komplek Pemkab Cianjur - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Ribuan Anak Cianjur Rayakan HAN di Komplek Pemkab Cianjur

Ribuan Anak Cianjur Rayakan HAN di Komplek Pemkab Cianjur

Written By dodi on Wednesday, July 18, 2012 | 8:00 AM

CIANJUR (LJ) Ribuan anak merayakan Hari Anak Nasional (HAN) di halaman Komplek Pemkab Cianjur, dan sebanyak 1.200 anak mengikuti lomba menggambar dan mewarnai untuk tingkat TK/SD/MI . Sebelumya juga dilakukan senam SKJ 2008  yang diikuti oleh sekitar 2.000 anak dari berbagai sekolah di Cianjur.

Ketua Panitia Penyelenggaran Peringatan Hari Anak Nasional tingkat Kabupaten Cianjur, Abu Bakar Sidik melalui Nurahmawati mengatakan, dalam rangka memperingati HAN yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2012 mendatang berbagai kegiatan akan dan telah dilaksanakan. Hal itu dilakukan sebagai wujud atau bentuk perhatian betapa berharganya seorang anak, baik bagi orang tua maupun bagi negara dan bangsa.

"Karena pada waktu hari H nya bertepatan dengan bulan puasa, dengan berbagai pertimbangan kegiatan peringatan hari Anak Nasional ini dimajukan sebelum puasa. Banyak kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya lomba menggambar dan mewarnai ada juga kegiatan lomba berdoa sehari-hari yang diikuti oleh sekitar 120 anak putra dan putri," kata Nurahmawati.

Selain itu, panitia juga melakukan kegiatan lainya seperti pemeriksaan gigi sehat yang diikuti oleh sekitar 100 anak, dilaksanakan di Bale Wiwaha komplek Pemkab Cianjur. Dilanjutkan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cianjur untuk menyambangi pasien anak dari keluarga kurang beruntung. "Dalam kesempatan tersebut pak bupati langsung menyerahkan bingkisan kepada keluarga pasien," katanya.

Selanjutnya Nurahmawati mengatakan, hari berikutnya akan dilaksanakan lomba drum band dan marching band untuk divisi junior dan senior serta senior brass. "Puncak peringatannya akan dilaksanakan pada Kamis (19/7) di Bale Rancage Jalan Siliwangi Cianjur dan akan diserahkan bantuan terhadap 10 anak termarjinalkan, bingkisan bagi anak berprestasi dari SD-SM sebanyak tujuh anak dan pemberian bingkisan terhadap anak penyandang cacat sebanyak enam orang," jelasnya.

Bupati Cianjur,  Tjetjep Muchtar Soleh mengatakan, kegiatan gebyar SKJ 2008, lomba mewarnai, menggambar, lomba hapalan do’a, dan pemeriksaan gigi merupakan rangkaian dari peringatan Hari Anak Nasional yang bertujuan sebagai media promosi, advokasi, pembelajaran, pelayanan, hiburan serta upaya pemeliharaan kesehatan dan perlindungan kepada kelompok-kelompok anak di masyarakat.

Dia berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut dapat menjadi media pembelajaran bagi anak-anak untuk belajar hidup sehat, agar dapat tumbuh dan berkembang dan menjadi generasi penerus yang tangguh, kreatif, jujur, cerdas, berprestasi, serta berakhlak mulia.

"Peringatan hari Anak Nasional setiap tahun diselenggarakan secara seremonial dan tindakan nyata yang melibatkan anak-anak melalui berbagai aktifitas oleh dan untuk anak dengan melibatkan seluruh komponen bangsa baik unsur pemerintah, swasta serta seluruh lapisan masyarakat," kata Tjetjep.

Kondisi seperti itu lanjut bupati, menunjukan bahwa peringatan hari anak nasional sangat penting diperingati setiap tahunnya, untuk meningkatkan peran serta semua pihak dalam menyelenggarakan upaya pembinaan dan pengembangan anak secara holistik, integratif dan berkesinambungan. Upaya itu ditujukan untuk memenuhi hak-hak anak, mewujudkan tingkat kesejahteraan anak dan memberikan perlindungan yang setinggi-tingginya kepada anak.

"Kita berkewajiban dan bertanggungjawab dalam mendidik anak-anak, baik melalui pendidikan sekolah maupun pendidikan dalam keluarga, sehingga nantinya mereka akan menjadi insan yang benar – benar berkualitas, baik intelegensi dan kecerdasannya juga berkepribadian serta memiliki akhlak yang mulia, budi pekerti yang luhur, memiliki tatakrama,  dan sopan santun dalam pergaulan sehari-hari," pesannya. (RUS)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger