' Ramaikan Carnaval Seni Nusantara - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Ramaikan Carnaval Seni Nusantara

Ramaikan Carnaval Seni Nusantara

Written By dodi on Monday, July 9, 2012 | 8:00 AM

RIBUAN masyarakat sejak sore hingga malam hari, memadati tepian jalan kota Purwakarta untuk menyaksikan Carnaval Congcot dan Seni Budaya Nusantara yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta. Hal ini terkait dalam rangka puncak acara hari jadi Kabupaten Purwakarta tahun 2012.

Carnaval Congcot dan Seni Budaya Nusantara yang dimulai sejak pukul 19.30 WIB, mengambil rute perjalanan mulai dari depan kantor Kecamatan Purwakarta melewati Jalan Veteran - Jalan Jendral Sudirman dan berakhir Jalan KK Singawinata, tepatnya di depan panggung kehormatan di halaman gedung kembar Nakula Sadewa.

Selama karnaval berlangsung, ribuan masyarakat Purwakarta ikut memadati tepian jalan menyaksikan pawai kesenian dari berbagai daerah di Indonesia. Pemandangan tersebut menjadikan malam itu sebagai lautan manusia di Purwakarta. Carnaval Congcot dan Seni Budaya Nusantara tersebut, diawali oleh iring-iringan pasukan berkuda.

Di mana satu dari 33 ekor kuda yang ikut dalam karnaval itu, ditunggangi Bupati Dedi Mulyadi, Ketua DPRD Ucok Ujang wardi, Dandim 0619 Purwakarta Fauzi Kamil, Kapolres AKBP Bachriar U Permana dan sejumlah pejabat lainnya yang dilanjutkan dengan iringan-iringan kereta kencana Ki Jaga Raksa, Nyi Melati, dan Ki Jaga Sunda.

Tidak hanya itu, sejumlah pedati, becak, serta 350 peserta yang membawa lampion merah putih dan 99 budak angon (anak pengembala-Red), yakni anak-anak yang telah mendapat bantuan domba ternak dari pemerintah melalui kegiatan Gempungan Diburuan Urang Lembur juga turut memerihkan perhelatan tersebut.

Masyarakat yang begitu antusias menyaksikan carnaval, menambah hirup pikuknya kota Purwakarta. Kesenian Genye (gerakan nyere atau lidi). Yakni kesenian khas Purwakarta yang melambangkan berbagai karakter tokoh yang dibuat dari ribuan batang lidi untuk mengusir roh-roh jahat, menambah semarak acara tersebut.

Terkait hal ini, 41 kesenian daerah yang unjuk kebolehan di depan panggung kehormatan menjadi pusat perhatian masyarakat dan para pejabat. Baik dari unsur Muspida dan Forum Komunikasi Pemimpin Daerah, seperti Kuda Renggong dari Subang, Ondel-ondel dari DKI Jakarta, Debus dari Banten, Tari Prajurit dari Nias-Sumut, Balanjuran dari Bali dan Tarian Tembes dari Papua.

Selain itu, juga tampil tari Gandang Pangarenan dari Makasar, Barong Caplok dari Nganjuk- Jatim, Otok Obrol dari Gunung Kidul-DIY, Soya-soya dari Ternate-Maluku, Reog Ponorogo, Jaran Kepang dari Pati-Jateng, dan kesenian Egrang Khatulistiwa dari Pontianak-Kalbar, serta Bontang Tabuh dari Maninjau Sumatra Barat.

Sementara rangkaian puncak acaranya diakhiri dengan pelepasan 99 lampion merah putih ke udara di sekitar areal taman rekreasi Situ Buleud. Di mana sebelumnya telah melaksanakan tawasulan atau doa keselamatan. YAS

Keterangan foto :
 SINGA BARONG : Bupati Purwakarta H Dedi Mulyadi SH menaiki Singa Barong kesenian khas Ponorogo, turut tampil dalam Carnaval Congcot dan Seni Budaya Nusantara di halaman gedung kembar Nakula Sadewa. YAS

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger