' Puncak Hari Jadi Purwakarta 2012 Semarak - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Puncak Hari Jadi Purwakarta 2012 Semarak

Puncak Hari Jadi Purwakarta 2012 Semarak

Written By dodi on Monday, July 9, 2012 | 8:00 AM

PUNCAK HARI jadi Kabupaten ke 44 dan Purwakarta ke 181 yang digelar belum lama ini, dimeriahkan oleh 41 pegelaran seni budaya berbagai daerah se Indonesia. Selain itu, juga dimeriahkan oleh sekitar 16 ribu nasi congcot, 350 lampu lampion, 99 budak angon yang turut dalam Carnaval Congcot dan Seni Budaya Nusantara.

“Puncak hari jadi Purwakarta sangat semarak. Mendapat dukungan warga masyarakat dan seluruh kabupaten kota serta provinsi se Indonesia,” kata Bupati Purwakarta H Dedi Mulyadi SH, disela-sela menyaksikan Carnaval Congcot dan Seni Budaya Nusantara.

Dikatakannya, meskipun merupakan kabupaten terkecil di Jawa Barat, hampir satu bulan Purwakarta menggelar berbagai kegiatan dalam rangkaian hari jadinya. Tidak saja menampilkan ribuan nasi congcot, ratusan lampu lampion dan gelar seni budaya nusantara tapi juga berhasil menorehkan prestasinya di museum rekor Indonesia dalam kegiatan egrang.

Menurutnya, bahwa kesuksesan semua perhelatan yang telah digelar adalah berkat dukungan seluruh masyarakat dan Muspida Purwakarta. Termasuk Karnaval Congcot dan Seni Budaya Nusantara ini, adalah bentuk ekspresi perjalanan pembangunan Purwakarta yang telah dimulai sejak masa kepemimpinannya pada tahun 2008 lalu. Di mana tahun 2012 ini, diibaratkan Purwakarta tengah menginjak tangga ke empat menuju tangga ke lima (2013) menuju Purwakarta Istimewa.

Pada kesempatan itu, Bupati Dedi Mulyadi secara khusus menyampaikan apresiasinya untuk seluruh warga masyarakat yang telah mendukung seluruh program Pemkab Purwakarta. Yakni dalam tangga cinta menuju Purwakarta Istimewa. "Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan Muspida atas dukungannya selama ini,” katanya.

Menyinggung banyak daerah lain yang turut berpartisipasi dalam Carnaval Seni Budaya Nusantara, dijelaskannya, bahwa kesenian khas Purwakarta juga sering turut berpartisipasi di berbagai daerah di Indonesia. Karena Purwakarta ingin membangun semangat kebersamaan yang kuat antar daerah.

"Ketika Purwakarta menampilkan keseniannya, seperti ke Sumatera, Kalimantan dan daerahnya lainnya di Indonesia, itu merupakan bagian dari safari budaya yang membawa nilai-nilai kesenian yang ada di Purwakarta. Dengan hadirnya berbagai kesenian dari daerah lain yang berpartisipasi sekarang ini, itu sebagai hubungan timbal balik kebudayaan daerah," jelas Dedi.

Carnaval Congcot dan Seni Budaya Nusantara ini, terangnya, merupakan perwujudan dari nilai seni sebagai nafas pembangunan di Purwakarta. Karenanya Dedi Mulyadi meyakini betul, bagaimana menjadikan nilai seni menjadi nilai kebangsaan dan seni bisa memberikan kontribusi yang besar bagi peradaban sebuah bangsa.

Karena bangsa yang besar di dunia, memiliki basis kesenian yang kuat. Karenanya Kabupaten Purwakarta akan mencoba menerapkan nilai seni itu, menjadi nilai-nilai pembangunan. Sehingga bukan hanya sekedar untuk kebutuhan sesaat, tetapi juga menjadi orientasi kepentingan Purwakarta dan untuk Indonesia di masa yang akan datang.YAS
  
Keterangan foto :

CINDERA MATA : Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi bersama Ketua DPRD Ucok Ujang Wardi memeriahkan Carnaval Congcot dan Seni Budaya Nusantara.YAS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger