' Proyek Rabbat Beton Dinilai Gagal Total - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » , » Proyek Rabbat Beton Dinilai Gagal Total

Proyek Rabbat Beton Dinilai Gagal Total

Written By dodi on Tuesday, July 10, 2012 | 10:40 AM

KAB. CIREBON, (LJ)-Rasdira, Kuwu Galagamba Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon mendesak pemerintah meninjau ulang proyek rabbat beton atau plurisasi jalan yang ada di desa-desa,karena proyek ini terbukti gagal total dan sangat merugikan masyarakat.
    Ketinggian Rabbat beton yang semestinya 10 cm,oleh pemborong dibuat 7 cm, tanpa dipadatkan terlebih dahulu.Tidak semua rabbat beton dikasih rancangan besi, kalaupun ada hanya tempat-tempat tertentu saja.Setelah itu baru ditimpa adukan semen yang ketebalannya hanya sekitar 3 cm.
    "Selain itu, komposisinya juga tidak sesuai dengan aturan. Jadi mana untuk kekuatannya. Tidak ada sama sekali, silahkan nanti dicek, baru beberapa bulan saja sudah brubul semua. Ini jelas-jelas sudah sangat merugikan masyarakat,” jelasnya kepada LINGKAR JABAR,kemarin.
    Dia berharap, untuk tahun 2013 sebaiknya pemerintah, didalam memberikan bantuan perbaikan infrastruktur jalan desa, jangan menggunakan rabbat beton. "Karena proyek tahun ini saja, saya anggap telah gagal total dan sangat merugikan masyarakat,"paparnya.
    Dia mencontoh, jalan Tol yang pakai rabbat beton, banyak dikerjakan secara asal dan tidak sesuai aturan, mereka menggunakan rancangan besi berdiameter 26 mm, sekarang sudah pada rusak, dan dibongkari lagi, apalagi yang jalan lingkungan desa, yang dikerjakan asal-asalan, dan tidak sesuai aturan.
    Untuk itu, sebaiknya diganti saja Proyek Rabbat beton ini dengan proyek pengaspalan jalan saja. Biayanya juga selisihnya tidak jauh. "Ini semua atas dasar pengalaman saya sebelum jadi Kuwu Galagamba, saya adalah pensiunan pegawai Cipta Karya. Jadi saya punya pengalaman dengan proyek semacam ini," tukasnya.
    Sementara ditempat terpisah Camat Ciwaringin, Suhartono mengatakan, kiprah Kuwu Galagamba, dalam membangun desanya itu perlu mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon dan patut dicontoh atau teladan bagi kuwu-kuwu yang lain khususnya yang ada di wilayah Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon.
    "Kami pernah lihat sendiri keadaan desa Galagamba sekarang, sudah sangat bagus, kewajiban membayar PBB nya sekarang sudah lunas, dan sementara untuk desa-desa lain masih banyak yang masih belum memenuhi target," jelas camat.
    Camat Suhartono menambahkan, meski dia baru saja 4 bulan memimpin desanya, dia sudah menggebrak dengan serentetan program kerja yang selama ini belum dilaksanakan Kuwu-Kuwu sebelumnya.
    Dan terkait masalah rabbat beton jalan atau pelurisasi jalan di lingkungan desa-desa, Kuwu Galagamba paham betul tentang masalah ini, karena dia sebelum jadi Kuwu, dia berdinas di lingkungan Dinas Cipta Karya dan kebetulan dia membidangi masalah ini,” Kata Suhartono belum lama ini kepada LINGKAR JABAR diruang kerjanya (LIL)  


Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger