' Proyek Gardu PLN Bogor Molor Dahlan Iskan Marahi Dirut PLN - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Proyek Gardu PLN Bogor Molor Dahlan Iskan Marahi Dirut PLN

Proyek Gardu PLN Bogor Molor Dahlan Iskan Marahi Dirut PLN

Written By dodi on Monday, July 23, 2012 | 8:00 AM

BOGOR - Di tengah aksi test drive mobil listrik buatan Dasep Ahmadi--anak negeri asal Kota Depok--Minggu (22/7), Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyempatkan diri untuk melongok lokasi gardu listrik di Kedung Badak, Kota Bogor-Jawa Barat. Dalam kunjungannya ke gardu listrik ini, Dahlan mengaku sangat kecewa melihat pembangunan proyek gardu listrik berkapasitas 150 KV di Kedung Badak-Bogor yang molor sudah 1 tahun.

"Seharusnya, proyek pembangunan gardu listrik Kedung Badak ini sudah selesai tahun 2011 lalu, entah kenapa proyek ini bisa mundur," kata Dahlan dengan nada kecewa di lokasi gardu listrik Kedung Badak. Dahlan yang terlihat kecewa pun langsung memberikan teguran keras kepada Dirut PT PLN (Persero) Nur Pamudji sekaligus meminta pertanggungjawaban laporan proyek yang sedianya rampung pada awal tahun 2012 ini.

Saat itu Dahlan langsung mengeluarkan Handponenya dan menelepon Nur Pamudji. Dahlan mengatakan jika pengerjaan di gardu listrik tersebut masih berantakan dan harus segera diselesaikan. "Kalau bisa sebelum musim hujan harus sudah selesai," kata Dahlan Iskan kepada Nur Pamudji melalui ponselnya.

Pembangunan gardu listrik ini adalah untuk meminimalisir gangguan listrik di Kota Bogor khususnya. Pada waktu menjabat Direktur Umum PLN, Dahlan sendiri yang menginstruksikan untuk membangun gedung tersebut. Pembangunan sendiri dimulai pada tahun 2011 dan seharusnya selesai pada awal 2012, tetapi hingga kini proyek tersebut belum rampung. "Padahal saya sudah bilang sama pimpinan proyeknya, kalau selesai tepat waktu saya kasih hadiah mobil Avanza," kata Dahlan meyakinkan.

Dalam tinjauannya ke lokasi gardu listrik, Dahlan melihat masih banyak yang harus diselesaikan dalam proyek tersebut. Proyek pembangunan sendiri dilaksanakan oleh PT Meta FC dan memiliki daya hingga 150 KV. Owner kelompok usaha media Jawa Pos Group ini pun menyebutkan bahwa bila gardu listrik Kedung Badak ini rampung, maka pasokan listrik di kota Bogor menjadi sangat istimewa. Karena, selama ini kebutuhan listrik untuk Bogor dipasok dari Cibinong, Kabupaten Bogor.

"Jadi selama ini, kalau di Cibinong bermasalah, tegangan listrik di Bogor juga ikut kena masalah," kata mantan Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) ini. Menurut Dahlan, saat dirinya masih di PLN dulu memang telah berkomitmen agar gardu listrik Kedung Badak ini rampung tahun lalu. Dahlan sendiri belum mendapat laporan mengapa pembangunan itu molor hingga satu tahun.

Dahlan sengaja mampir dan mendadak meninjau pembangunan gardu listrik itu di sela "test drive" mobil listrik yang sedang dikendarainya. Menurut Dahlan, dirinya akan mendengar keluhan langsung dari para pekerja, apa sebenarnya masalah yang dihadapi di lapangan. "Sejauh mana keterlambatannya," kata dia kepada wartawan yang mengerubunginya.

Dari informasi yang diperoleh, disebutkan bahwa gardu listrik yang berlokasi di Jalan Raya Cilebeut-Kedung Badak ini memang sudah tua dan kerapkali menjadi sumber penyebab mati listrik di wilayah Kota Bogor. Peralatan gardu yang sudah berusia tua sering mengalami kerusakan tanpa diketahui sebab-musababnya. Tak sedikit warga yang melaporkan sering kali lingkungan perumahan yang dihuninya mati listrik padahal tak ada hujan atau pun angin kencang.

"Komplek perumahan kami sering mati listrik mendadak, padahal saat itu tidak ada hujan ataupun angin kencang. Setelah ditelusuri dan kita komplain, ternyata pihak PLN berterus-terang bahwa penyebab mati listrik akibat adanya kerusakan di gardu listrik Kedung Badak. Hal ini sudah terus berulangkali terjadi. Seharusnya manajemen PLN mengejar target pembangunan gardu listrik di Kedung Badak untuk menggantikan gardu yang lama, jangan ditunda-tunda lagi," kata Umar, warga Jalan Cilebeut, kepada LINGKAR JABAR. ALI

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger