' Proteksi Diri Para Konsumen - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Proteksi Diri Para Konsumen

Proteksi Diri Para Konsumen

Written By dodi on Tuesday, July 3, 2012 | 2:09 PM

KEPALA DINAS Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purwakarta H Mulyana E Gunawan menyatakan, konsumen harus memproteksi dirinya sendiri. Yakni dengan mempelajari secara seksama jika tidak ingin tergoda untuk membeli sebuah produksi yangh dipromosikan.

“Jika penerima informasi tidak cermat dalam menganalisa pesan yang disampaikan, kemungkinan untuk tergoda sangat tinggi,” kata Mulyana E Gunawan kepada LINGKAR JABAR di kantornya, Senin (2/7) berkaitan dengan Undang-undang Nonor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.

Dikatakan, seiring dengan kemajuan teknolgi khususnya di bidang informasi, maka sadar atau tidak bahwa arus informasi yang disebarkan oleh berbagai media telah membanjiri dalam berbagai kehidupan masyarakat. Informasi yang dipublikasikan oleh produsen, hampir dapat dipastikan untuk mempengaruhi konsumen agar mau membeli produk yang ditawarkan.

Umumnya, konsumen tidak mempelajari dengan cermat. Apakah barang yang ditawarkan oleh produsen itu sudah memenuhi standar yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku atau belum. Karenanya langkah terbaik, konsumen harus memproteksi dirinya sendiri.

Menurut Mulyana, sebelum membeli, konsumen sebaiknya mempelajari secara seksama, apakah barang yang ditawarkan oleh produsen itu sudah mencantukan seluruh informasi berkaitan dengan barang yang ditawarkan. Dengan cara tersebut, maka konsumen dapat mengetahui sejak awal konsekuensi yang harus di tanggungnya.

Memberikan pemahaman yang jelas tentang perlindungan terhadap konsumen. Dinas Koperasi UMKM peindustrian dan perdagangan beberapa waktu lalu telah menggelar sosialisasi Undang-undang No 8 tahun 1999, tentang Perlindungan Konsumen. Digelar di Bale Sawala Yudistira. Diiikuti oleh para pelaku usaha yang ada di Kabupaten Purwakarta.

Sosialisasi tersebut, bertujuan untuk mengangkat harkat martabat konsumen dengan cara menghindarinya dari ekses negatif. Baik pemakaian barang dan atau jasa. Akhirnya Mulyana meyakini tidak akan ada konsumen yang dirugikan, apabila para pelaku usaha dalam memproduksi dan atau memperdagangkan barang dan atau jasanya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.YAS
Keterangan foto : H Mulyana E Gunawan
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger