' Produksi Teh Nasional Didominasi Jabar - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Produksi Teh Nasional Didominasi Jabar

Produksi Teh Nasional Didominasi Jabar

Written By dodi on Monday, July 9, 2012 | 8:00 AM

PRODUKSI teh hitam dan teh hijau yang dihasilkan oleh Provinsi Jabar setiap tahunnya rata-rata bisa mencapai 70 persen dari produksi teh nasional atau sekitar 110.355 ton. Demikian disampaikan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Minggu (8/7).

"Dengan harga rata-rata teh kering saat ini sebesar Rp 18 ribu hingga 25 ribu perkilogramnya, maka nilai produk teh kering Jawa Barat tersebut mencapai lebih dari satu trilyun rupiah setiap tahunnya," kata Ahmad Heryawan, usai melepas peserta jalan sehat Festival Teh dan Kopi, di Kota Bandung.

Dikatakan, dari perkembangan produksi kopi tersebut, didominasi jenis kopi arabica dan Java Preanger. Untuk produk ini  rata-rata setiap tahunnya mencapai tidak kurang dari 13.732 ton dengan tingkat produktivitas 882 kilogram / per hektarnya.

"Luasan perkebunan pertanaman kopi di Jawa Barat mencapai 29.994 hektar. Membentang di wilayah dataran tinggi Priangan seperti Cianjur, Bandung, Bandung Barat, Sumedang, Garut, Tasikmalaya, dan Ciamis. Sehingga tidak mengherankan jika konsumsi kopi di Indonesia terus mengalami peningkatan dengan rata-rata 6 persen per tahun," ujarnya.

Ia mengatakan, lebih dari itu, nilai produk teh dan kopi juga masih berpotensi untuk terus bertambah seiring dengan perkembangan produk turunan teh dan kopi yang semakin pesat.REL/LI

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger