' PPKS Untuk Sukseskan Program Kependudukan Jabar - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » PPKS Untuk Sukseskan Program Kependudukan Jabar

PPKS Untuk Sukseskan Program Kependudukan Jabar

Written By dodi on Tuesday, July 17, 2012 | 8:00 AM

BANDUNG (LJ) - Peringkat Daerah Provinsi yang memiliki jumlah Penduduk terbesar di Indonesia saat ini, diduduki Provinsi Jawa Barat. Atas fakta itu, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan pun telah mencanangkan upaya dan program untuk mengatasi laju pertumbuhan penduduk Jabar. Karenanya, program Keluarga (KB) merupakan solusi yang tepat untuk menekan laju pertumbuhan penduduk dan meningkatkan kualitas keluarga sejahtera.

Hal itu dikatakan oleh Kepala Badan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Jawa Barat, Siti Fathona, kepada wartawan usai menghadiri acara peluncuran Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) di Jalan Rancagoong II No.1 Germuruh Kota Bandung, Senin(16/7). Dijelaskannya, BKKBN Jabar telah merespon komitmen Gubernur Heryawan dalam upaya menanggulangi ledakan jumlah penduduk di Provinsi yang saat ini tercatat memiliki 40 juta lebih penduduk.

"Kita respon soal jumlah penduduk yang terus meningkat itu dengan membentuk PPKS. Dan wadah ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama BKKBN Jabar dengan pengurus Wilayah Aisyiyah Jabar tentang peningkatan program kependudukan dan KB Nasional melalui fasilitas pimpinan wilayah Aisyiyah. <elalui PPKS ini, masyarakat bisa mendapatkan informasi, pelayanan, rujukan dan lain-lain," paparnya.

Wadah ini, tambah Siti, merupakan tempat pelayanan terpadu program kependudukan dan keluarga berencana(KKB).Dalam hal ini BKKBN membantu memfasilitasi saran dan prasarana puasat layanan informasi dan dokumentasi KKB dan layanan konseling keluarga balita. "Dan PPKS juga melayani pasangan pranikah keluarga remaja dan keluarga lansia, KB serta kesehatan reproduksi, keluarga harmonis dan usaha ekonomi keluarga," ujarnya.

Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (LSPK) BKKBN Sudibyo Alimoeso mengatakan, sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Jabar ini akan menjadi proyek nasional, wadah ini akan melakukan berbagai kegiatan yang terintegrasi dalam satu atap dengan memberiakn layanan anatara lain konseling remaja, kegiatan anak balita, konseling lansia dan pelayanan kontrasepsi," kata Sudibyo.

PPKS juga sebagai rujukan bagi keluarga yang membutuhkan informasi, jalan keluar menyelesaikan masalah dalam keluarga. "Jadi kalau orang sakit pergi ke puskesmas, orang yang mempunyai masalah atau keluarga mempunyai masalah bisa datang ke wadah ini," tutur Sudibyo seraya menerangkan BKKBN menyediakan tenaga-tenaga khusus seperti psikolog dan penyulih KB.

Ditempat yang sama Ketua PW Aisyiyah Jabar Muthia mengatakan, kerjasama ini meliputi capacity building program KKB bagi pimpinan Aisyiyah di Jabar juga berkomitmen dalam peningkatan ketahanan keluarga remaja melalui program Generasi Berencana (GenRe) di Lingkungan organisasi ini. FER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger