' Polres Cirebon Kota Naungi 6 Kecamatan di Wilayah Kabupaten - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Polres Cirebon Kota Naungi 6 Kecamatan di Wilayah Kabupaten

Polres Cirebon Kota Naungi 6 Kecamatan di Wilayah Kabupaten

Written By dodi on Friday, July 6, 2012 | 3:33 PM

CIREBON - Kepolisian Resort Cirebon Kota (Polresta) akhirnya resmi membawahi wilayah hukum enam kecamatan di Kabupaten Cirebon. Penetapan tersebut menyusul dikeluarkannya Surat Keputusan (SK) Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jabar No 494/VI/2012 tentang Pemekaran Wilayah Hukum Polres Cirebon Kota. Penggabungan enam kecamatan tersebut bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

Enam kecamatan tersebut yaitu Kecamatan Kedawung dan Tengahtani (masuk wilayah hukum Polsek Kedawung), Kecamatan Gunungjati (wilayah hukum Polsek Gunungjati), Kecamatan Kapetakan dan Suranenggala (Polsek Kapetakan) serta Kecamatan Mundu (wilayah Polsek Mundu). Sebelumnya, enam kecamatan tersebut masuk wilayah hukum Polres Cirebon.

Kepada wartawan, kemarin, Kapolres Cirebon Kota AKBP Asep Edi Suheri menuturkan, surat keputusan terkait pemekaran wilayah hukum Polres Cirebon Kota dikeluarkan tanggal 25 Juni 2012 lalu. Namun, pelaksanaan berbagai pelayanan baru akan dialihkan sekitar bulan Agustus 2012. Oleh sebab, pihaknya membutuhkan berbagai persiapan dan koordinasi teknis dengan Kapolres Cirebon.

"Setelah berjalan, masyarakat di enam kecamatan tersebut mengurusi pelayanan SIM, STNK dan BPKB ke Polres Cirebon Kota. Sebelumnya kan di Polres Cirebon. Termasuk juga proses peradilan dilaksanakan di Pengadilan Negeri Kota Cirebon, meskipun enam kecamatan tersebut masuk wilayah Kabupaten Cirebon. Karena sejak surat keputusan dikeluarkan Pak Kapolda, kasus tindak pidana di empat polsek tadi pelimpahan berkasnya ke Kejaksaan Negeri Kota Cirebon," ujar Asep Edi.

AKBP Asep Edi Suheri menambahkan, pemekaran wilayah hukum Polres Cirebon Kota akan menguntungkan masyarakat. Tidak hanya karena alasan mendapatkan pelayanan cepat, tetapi juga aspek Kamtibmas. "Semoga bisa sesuai harapan. Karena memang tujuannya untuk memberikan kemudahan. Dari berbagai aspek masyarakatlah yang diuntungkan. Tinggal bagaimana penetapan ini mampu dijalankan dengan baik," ujar Asep Edi.

Sementara itu, Kejaksaan Negeri Kota Cirebon mengaku belum menerima surat edaran terkait perluasan wilayah hukum Polres Cirebon Kota. Kepala Kejaksaan Negeri Kota Cirebon, M Salman mengaku, selain menunggu surat edaran, pihaknya juga menunggu petunjuk Kejaksaan Agung (Kejagung) dalam pelaksanaannya.

"Kami baru mendengar sebatas informasi dari mulut ke mulut saja. Karena sampai saat ini belum terima surat edaran dari Polres Cirebon Kota. Kita juga harus meminta petunjuk dulu dari Kejagung agar pelaksanaannya berjalan lancar. Tapi yang pasti kami juga siap melayani masyarakat di enam kecamatan tersebut," ungkap Salman. APP
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger