' Polda Jabar Luncurkan Dua Program Unggulan untuk Pengabdian - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Polda Jabar Luncurkan Dua Program Unggulan untuk Pengabdian

Polda Jabar Luncurkan Dua Program Unggulan untuk Pengabdian

Written By dodi on Tuesday, July 24, 2012 | 8:00 AM

BANDUNG - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat (Jabar) memiliki program unggulan sebagai bentuk kepedulian jajaran Polri di Provinsi Jabar terhadap bidang pendidikan dan pengentasan kemiskinan. Kedua program tersebut adalah Polisi Peduli Pendidikan dan Polisi Peduli Pengangguran. Hal ini dilatarbelakangi dari pengelolaan industri keamanan, dimana polisi menjadi komponen utama yang harus meraih kesuksesan pada bidang tugas pre-emtif dan preventif.

Hal itu sekaligus upaya memberdayakan fungsi pencegahan menjadi unggulan dalam rangka pemeliharaan keamanan, ketertiban masyarakat (kamtibmas) sebagaimana amanah dari Undang-Undang No. 2 tahun 2002 tentang Polri. Karenanya, kepedulian Polda Jabar terhadap dunia pendidikan dan masalah pengangguran, merupakan terobosan kreatif menyentuh akar masalah, guna mengatasi gangguan kamtibmas dengan sentuhan kepolisian sejak dini.

"Diharapkan, melalui program ini dapat memberikan kesan yang mendalam atas komunikasi Polri di sekolah dan menyelamatkan masyarakat dari pengangguran," papar Wakil Kepala Polda Jabar Brigjen Hengkie Kaluara yang membacakan sambutan Kepala Polda Jabar Irjen Pol Putut Eko Bayuseno saat menerima kedatangan anggota Komisi III DPR RI yang mengadakan kunjungan kerja ke Markas Polda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta 748 Bandung, baru-baru ini.

Kunjungan kerja Komisi III DPR tersebut dalam rangka reses masa persidangan IV tahun sidang tahun 2011-2012. Dalam kunjungan kerjanya ke Polda Jabar tersebut, Tim dari Komisi III DPR RI yang berjumlah 6 (enam) orang dipimpin oleh Ketua Tim Ir. Tjatur Sapto Edy, MT. Tim diterima oleh Wakil Kepala Polda Jabar Brigjen Pol Drs Hengkie Kaluara, para pejabat utama Polda Jabar serta Kapolres / Kapolrestabes jajaran Polda Jabar.

Brigjen Hengkie mengatakan bahwa kunjungan kerja Komisi III DPR RI memiliki makna yang sangat penting, mengingat posisi strategis Komisi III DPR RI di dalam menjalankan fungsi yang dimilikinya, baik di bidang legislasi dan anggaran, maupun di bidang pengawasan dan perwakilan, yang tentunya akan dapat memberikan motivasi sekaligus masukan yang bersifat konstruktif terhadap pelaksanaan tugas Polri, khususnya jajaran Polda Jabar kedepan yang lebih baik.

Dikatakannya lagi, dengan segala keterbatasan yang dimiliki, jajaran Polda Jabar senantiasa berupaya secara optimal, untuk menampilkan kinerjanya secara profesional, baik selaku pemelihara kamtibmas, penegak hukum maupun sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. "Namun demikian, kami menyadari sepenuhnya, bahwa dalam perjalanan pengabdian Polda Jabar kepada masyarakat, tentunya masih terdapat berbagai kekurangan, kelemahan dan hambatan, yang memerlukan langkah perbaikan atau penyempurnaannya, guna mewujudkan performance institusi Polri sebagaimana yang diharapkan masyarakat luas," ujar Wakapolda.

Oleh karena itu, besar harapan kami, dengan kehadiran Komisi III DPR RI di Polda Jabar ini, dapat memberikan arahan, masukan serta solusi terkait permasalahan pelaksanaan tugas pokok jajaran Polda Jabar, baik di bidang pembinaan maupun operasional, sehingga dapat semakin mengakselerasi Program Reformasi Birokrasi dan Revitalisasi Polri yang telah dicanangkan oleh pimpinan Polri, dalam rangka mewujudkan pelayanan prima yang anti KKN dan kekerasan, guna meningkatkan kepercayaan masyarakat," tambah Wakapolda mengutip pernyataan Kapolda Jabar.

Demikian juga atas berbagai pertanyaan yang diajukan, tambah Brigjend Hengkie, telah dijawab sesuai dengan data dan fakta yang ada, serta disampaikan juga berbagai terobosan kreatif Polda Jabar dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif. "Harapan kami, kiranya anggota dewan dari Komisi III DPR RI, berkenan untuk memberikan arahan, koreksi dan perbaikan solutif atas pelaksanaan tugas jajaran Polda Jabar selama ini, serta apabila ada informasi yang belum lengkap, kiranya dapat disampaikan untuk kami jelaskan lebih lanjut," imbuhnya. HER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger