' PNPM Perkotaan Diharapkan Mampu Memandirikan Masyarakat - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » PNPM Perkotaan Diharapkan Mampu Memandirikan Masyarakat

PNPM Perkotaan Diharapkan Mampu Memandirikan Masyarakat

Written By dodi on Monday, July 2, 2012 | 8:00 AM

KAB.PURWAKARTA (LJ) - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat, H Dede Yusuf Macan Effendi mengatakan, program nasional pembangunan masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan harus tepat sasaran. Bahkan harus lebih mengedepankan kebersamaan seperti gotong royong. Dengan demikian, diharapkan PNPM akan memandirikan masyarakat.

“PNPM Mandiri harus tepat sasaran dan lebih mengedepankan kebersamaan maupun kemandirian masyarakat,” kata H Dede Yusuf pada pembukaan Gebyar PNPM Mandiri Perkotaan yang dipusatkan di Desa Kertajaya dan Desa Margasari, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Purwakarta, belum lama ini.

Dikatakan, untuk menunjang kebutuhan masyarakat seperti sarana air bersih dan infrastruktur jalan, Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta bersama dengan PNPM Mandiri Perkotaan melaksanakan kegiatan pembangunan. Di antaranya sarana air bersih dan pembuatan jalan lingkungan serta lelang rumah tidak layak huni.

Bertujuan memperbaiki tarap hidup masyarakat agar lebih baik dan sejahtera. Salah satunya, melalui kegiatan lelang program rumah tidak layak huni, perbaikan MCK dan pembangunan sarana air bersih serta jalan lingkungan. Harapannya, program ini bermanfaat bagi masyarakat. Tapi tetap saja peran masyarakat melalui program gotong royong menjadi harapan tersendiri. Sehingga, mampu memecahkan titik titik kemiskinan. "Sebab sebagai umat muslim, kita harus melindungi dan membantu orang di sekitar kita yang sedang kesusahan," kata Dede.

Menurutnya kegiatan ini harus langsung dan tepat sasaran serta mampu menjadi motivasi bagi masyarakat. Tentunya untuk lebih terlibat dan memandirikan serta membantu pemerintah dalam menyelesaikan pembangunan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Sementara Bupati Purwakarta H Dedi Mulyadi SH menyatakan, Pemkab Purwakarta pada tahun ini masih fokus pada menyelesaikan infrastruktur jalan. Seperti pembangunan jalan beton atau disebut juga rabat beton maupun hotmix serta pemasangan listrik gratis bagi warga masyarakat miskin hingga ke jaringan pedesaan.

Katanya lagi, dalam program menyelesaikan kemiskinan tahun 2013 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan menyiapkan modal beternak serta perbaikan rumah bagi rakyat miskin. Disusul pemberian jaminan atau asuransi jasa pensiun hari tua (JHT) untuk masyarakat Purwakarta.

Ini semua menurutnya merupakan tarekat (upaya-Red) Pemkab Purwakarta dalam mengentaskan kemiskinan. Terlebih menciptakan kemandirian masyarakat. Karenanya, PNPM dalam kegiatan pembangunannya harus berorientasi pada infrastruktur. Karena dengan pembangunan infrastruktur, mampu dirasakan langsung oleh seluruh masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Wagub Dede Yusuf selain meresmikan pembangunan secara simbolis, juga melakukan lelang rumah tidak layak huni. Di mana Wagub menyumbang sebanyak 160 sak semen dan Bupati Purwakarta menyumbang sebanyak 300 sak semen. Diikuti sumbangan lainnya dari beberapa masyarakat, tokoh masyarakat dan pejabat di daearah tersebut. YAS

Keterangan foto : PASANG PAVING : Wakil Gubernur Jabar H Dede Yusuf (kanan) bersama Bupati Purwakarta H Dedi Mulyadi (kiri) nampak tengah memasang paving block pada kegiatan gebyar PNPM Mandiri Perkotaan. TRYAS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger